Rabu, 01 Desember 2010

Pelejitan Erupsi Vulkanik Per 2010 Februari

Baca juga

Trend Vulkanik Meningkat dan Cover-Up




Terjemahan bebas Volcano UptickThe ZetaTalk Newsletter Issue 172
February 14, 2010

Gunung-gunung berapi jarang menjadi berita kecuali untuk mengumumkan bahwa gunung api ini atau itu sedang meletus lagi.
Apa yang jarang disebut-sebut adalah bahwa gunung-gunung yang telah lama 'punah' sedang meletus lagi, seperti misalnya gunung Chitean di Chili, yang meletus pada Mei 2008, setelah hampir 10.000 tahun tertidur, sebagaimana telah dibahas dalam Newsletter 077[Baca: Erupsi Gunung Chili Mei 2008, Setelah Ribuan Tahun Tidur]
Atau gunung api ini di Ziarat di pegunungan di dataran tinggi Pakistan, yang sebelumnya tidak tercatat pernah meletus, tidak pernah.
Lava erupts in Ziarat February 3, 2010 http://pakobserver.net/201002/03/news/topstories14.asp Volcanic emissions have surfaced at Wham in Ziarat district including burning rocks, ashes and other lawa for the first time in the known history causing great anxiety among the people according to reports.
Ada lebih banyak lagi gunung api yang meletus sekarang ini, secara bersamaan, ketimbang yang ada dalam ingatan manusia. Gunung Api Dunia mendaftar 540 gunung api yang dikenal, yang 183 di antaranya telah meletus dalam waktu 10.000 tahun terakhir.
Volcano Status http://www.volcano.si.edu/world/volcanocriteria.cfm A "Historical" eruption, documented during or shortly after observation, is the best evidence for inclusion. We list more than 540 volcanoes with historical eruptions, the criterion used by many people terming a volcano "active." However, we have tried to provide more even coverage of the globe's volcanoes, many of which carry no written record until 80 centuries after the first historically documented eruption in our file (Central Turkey, in 6200 BC). To do this we have included 183 volcanoes with dated eruptions during the last 10,000 years, as determined by techniques such as "Radiocarbon" dating. For volcanoes with different eruptions dated by different techniques, we have entered the technique that seemed to confirm Holocene activity most certainly. We should mention, however, that the "Anthropology" status covers volcanoes with undated (but recent) activity described in native legends as well as activity dated by buried artifacts.
Grafik yang sangat mengesankan baru-baru ini dipublikasikan oleh George Ure dalam situsnya Urban Survival. Dengan menggunakan tangga erupsi terkini, George menunjukkan kepada kita, secara visual, berapa banyak dari 183 gunung api yang sekarang aktif.

Pelejitan Erupsi Vulkanik, data 1997-2009

Titik awal yang bagus mungkin adalah mengklik data yang dipublikasikan oleh Smithsonian Institution yang mendaftar erupsi gunung api terkini berdasarkan tahun. Membosankan? Hell no--terutama kalau Anda memasukkannya ke spreadsheet lalu mengubahnya menjadi grafik. (George)
Gunung-gunung api aktif sepertinya semuanya meletus saat ini.
Gunung Etna, di Itali, telah meletus terus sejak 2001, setelah terakhir meletus pada 1994. 
Cleveland, di Kep. Aleutian, telah meletus hampir terus-terusan sejak 1997, meskipun, secara historis, erupsinya terjadi sekali setiap sekitar lusinan tahun. 
Piton de la Fournaise, di Pulau Reunion, di Samudera Hindia, selama ini meletus, sejak 1998, meskipun secara historis jarak erupsinya sekitar 10-20 tahun.
Baren Island, di Kep. Andaman, meletus pada 2000, 2005, dan 2008, meskipun secara historis ada masa-masa lebih panjang jeda erupsinya, contohnya, antara 1852 dan 1991. 
 Llaima in Chili tengah selama ini meletus, sejak 1997, meskipun secara historis ada jeda erupsi rata-rata 5 tahun, jeda singkat saja.