Minggu, 17 Februari 2013

Berkurangnya Cadangan Air Dalam Tanah Akibat Pergerakan Lempeng

Para pakar menilai bahwa krisis air bersih di dunia telah memasuki tingkat mengkhawatirkan dengan terus berkurangnya cadangan air dalam tanah, seperti misalnya di Amerika dan Arab. Apa yang melandasi kekhawatiran itu, menurut para alien Zeta, sebenarnya terkait dengan pergerakan lempeng besar-besaran yang telah menyebabkan penyimpangan pada aliran air dalam tanah.  

Berkurangnya Cadangan Air Tanah di Amerika Serikat 
Laporan-laporan menyatakan bahwa air telah berkurang banyak di tempat-tempat cadangan air yang besar dan hebat di perbatasan AS/Kanada, Great Lakes,  terutama di Danau Huron dan Danau Michigan, yang dikatakan bahwa tingkat pengurangan airnya telah mencapai titik terendah sejak awal pencatatan pada 1918 dan diperkrakan akan terus bertambah hingga beberapa bulan ke depan.
2 Great Lakes hit lowest water level on record, Feb. 6, 2013 (yahoo): Measurements taken last month show Lake Huron and Lake Michigan have reached their lowest ebb since record keeping began in 1918. The lakes were 29 inches below their long-term average and had declined 17 inches since January 2012. The other Great Lakes — Superior, Erie and Ontario — were also well below average.  
Lake Michigan hits record low level, Feb. 8, 2013 (phys.org):The water level is tracked by gauges placed around Lakes Michigan and Huron, which are actually one body of water connected by the Straits of Mackinac. Water levels on the Great Lakes fluctuate seasonally by inches and by as much as several feet over a period of years, depending on long-term weather patterns. But they were previously bracketed by the record low of March 1964 and the record high of October 1986. Now the lakes are headed into uncharted territory, and some want the U.S. and Canadian governments to do something about it.  
Great Lakes Waterway adalah sistem kanal yang memungkinkan seluruh perairan di Great Lakes dapat dicapai oleh kapal-kapal yang menuju ke laut. Sistemnya terdiri dari Kanal Welland (memotong Niagara Falls di antara Danau Ontario dan Danau Erie) dan Soo Locks (memotong Sungai St. Mary's di antara Danau Superior dan Danau Huron).


  credit: greenwichmeantime
The Great Lakes Waterway is a system of channels and canals that makes all of the Great Lakes accessible to oceangoing vessels. Its principal civil engineering components are the Welland Canal, bypassing Niagara Falls between Lake Ontario and Lake Erie, and the Soo Locks, bypassing the rapids of the St. Mary’s River between Lake Superior and Lake Huron, at Sault Sainte Marie. (wikipedia)


Penjelasan ZetaTalk Tentang Berkurangnya Air Di Great Lakes, AS (terjemahan bebas ZetaTalk February 16, 2013)

Start of ZetaTalk
Michigan and Huron berada di daerah rendah, namun Great Lakes yang berada di atas dan ke arah timur kedua wilayah tersebut tidak terkena dampak (penurunan ketinggian muka air--pen.). Karena danau-danau terhubung, dan berbagi air, mengapa hal ini terjadi?

Kecepatan air yang bergerak dari danau ke danau ditentukan sebagian oleh tekanan air. Air tinggi di Lake Superior dan air rendah di bawahnya di Lake Michigan dan Lake Huron menyebabkan aliran air bertambah cepat turun ke Sungai St. Marys, sehingga meratakan permukaan air kedua danau ini. Demikian pula, tekanan air yang rendah akibat ketinggian wilayah yang rendah di Lake Huron  menyebabkan melambatnya aliran air yang melewati Sungai Detroit ke Lake Erie. 


credit: mff.dsisd.net

Ada sesuatu yang lain yang telah menyebabkan penyimpangan itu.
Seaway tengah robek menganga, dan, seperti yang pernah kami jelaskan, hal ini berdampak pada seluruh tanah hingga ke Black Hills, di Dakota Utara. Telah kami nyatakan bahwa Pergeseran Kutub akan merobek Seaway lebih jauh lagi di Duluth, di ujung Danau Superior. 
 
creditcanadiangeographic.ca  

Akan tetapi mengapa Great Lakes di tempat-tempat yang lebih rendah yang pertama-tama menunjukkan perubahan-perubahan? 
Benua Amerika Utara sedang ditarik menjadi sebuah lengkungan, yang mana, akibat strata bebatuannya, akan tergelincir secara diagonal di sepanjang garis patahan New Madrid. Selama Pergeseran Kutub, terbelahnya Seaway akan terjadi lebih langsung dari pantai ke pantai. Trauma di New Madrid yang masih tertunda dapat langsung terlihat pada celah-celah di Semenanjung Michigan di atas Wisconsin dan pada bunyi mendengung yang terus-menerus di Roseville (Kalifornia--pen.), dekat Detroit dan Danau St. Clair. Inilah titik lemah itu, saat ini. 
  
Mengapa hal ini menyebabkan tingkat kedalaman air di Danau Huron dan Danau Michigan anjlok (berkurang dengan cepat--pen.)? 
Ini adalah ilusi. Dasar danau-danau tersebut tengah rusak, yang naik akibat tekanan ketika lapisan bebatuannya ditarik-tarik. Gerakan ini memberi kesan bahwa kedalaman airnya berkurang. Kerusakan semacam ini juga menyebabkan daerah landai di pesisir menjadi terangkat, sehingga ada lebih banyak lagi dari bagian dasar danau yang terbuka, yang juga memberi ilusi bahwa tingkat kedalam air telah anjlok. Setelah penyesuaian di New Madrid, kelemahan ini akan sirna. 
End of ZetaTalk

Berkurangnya Cadangan Air Tanah di Arab
Satelit-satelit GRACE NASA yang meneliti perubahan-perubahan global pada cadangan air telah mendeteksi adanya pengurangan besar-besaran pada cadangan air bersih di Sungai Tigris dan Sungai Efrata selama periode 7 tahun sejak 2003, menurut temuan baru para ilmuwan di Univ. California, Goddard Space Flight Center (NASA) dan the National Center for Atmospheric Research. Sungai-sungai tersebut melayani kebutuhan air di Irak, Iran, Turki, dan Siria. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa air di sungai-sungai tersebut terus berkurang akibat, utamanya, penyedotan air tanah, yang meningkat selama musim kering. Sebagian penyebabnya, menurut para pakar itu, terkait dengan kekeringan pada 2007 yang telah mengeringkan tanah dan menyusutkan lapisan-lapisan es, dan sebagian lagi adalah berkurangnya ketinggian muka air di danau-danau. 

Large water loss detected in Mideast river basins: study, February 13, 2013 (nz.yahoo)US satellites have detected a large loss of fresh water reserves in the Tigris and Euphrates river basins during a seven-year period beginning in 2003, a new study has found. The river basins, which water parts of Iraq, Iran, Turkey and Syria, have lost almost as much water as is in the Dead Sea, the study found. "That's enough water to meet the needs of tens of millions to more than a hundred million people in the region each year, depending on regional water use standards and availability," said Jay Famiglietti, the lead investigator. ....GRACE data show an alarming rate of decrease in total water storage in the Tigris and Euphrates river basins, which currently have the second fastest rate of groundwater storage loss on Earth, after India," said Famiglietti, a hydrologist at UC Irvine. Part of the loss was attributed to a 2007 drought that dried out soil and shrank snowpacks, and another part to the loss of surface water from lakes. But most of it -- about 60 percent -- was traced to the pumping of groundwater, which typically increases during and after a drought.
Kalau tidak,
"apakah ini terkait dengan penggulungan Lempeng Afrika, yang menganjlokkan puncak yang membundar dari lempeng tersebut ke arah Samudera Hindia, sehingga menarik Laut Merah hingga terbelah, membelah Afar Triangle di Afrika, dan menggulung "sepatu boot (Lempeng Arab)". Dapatkah para alien Zeta mengonfirmasi bahwa peristiwa ini merupakan bagian dari Tahap 7 atau Tahap 8 dan merupakan perubahan-perubahan signifikan bagi rakyat di wilayah tersebut?" [ZetaTalk Chat Q&A for February 16, 2013]
Mengenai berkurangnya cadangan air tersebut, para alien Zeta menjelaskan bahwa pergerakan lempeng-lempeng Afrika dan Arab telah menghimpit aquifer-aquifer di Irak.

Penjelasan ZetaTalk February 16, 2013:

Start of ZetaTalk 
 "Apa dampak dari kombinasi Penggulungan Afrika dan peregangan Lempeng Eurasia, yang sedang berlangsung, pada Lempeng Arab? Penggulungan Afrika pada dasarnya merupakan penganjlokan lempeng Afrika ke dalam celah yang terbuka di Atlantik Selatan (mid-atlantic ridge bagian selatan--pen.).


 
credit: courses.csusm.edu

Celah ini (mid-atlantic ridge) merupakan konsekuensi dari Lempeng Pasifik yang memampat serta Atlantik yang melebar. 

credit: homeschoolviews.com



Afrika adalah sebuah lempeng dengan sisi-sisinya yang melengkung, sehingga dapat menggulungkan puncaknya ke arah timur, yang menganjlokkan bagiannya yang gemuk ke Samudera Hindia dengan ujungnya menyembul ke dalam celah Atlantik.



Hasil keseluruhannya adalah sebuah gap di Sinai dengan tambahan 50 mil (sekitar 80.5 km), yang membebaskan Lempeng Afrika untuk dapat bergerak.

 credit: metmuseum.org

Namun mengapa celah tersebut secara sendirian dapat menyebabkan sebuah gerakan pada Lempeng Afrika? 
Orang dapat melihat dari pegunungan-pegunungan di Iran dan Turki, di atas dataran-dataran rendah Irak, bahwa pemampatan maupun peregangan telah terjadi di wilayah ini di masa lalu. 
Topografi Turki, Irak, Iran
(Sekarang ini) wilayah itu mulanya terus mengalami pemampatan ketika Lempeng Afrika belum bebas untuk bergerak membelok, sementara tekanan pada Lempeng Afrika untuk dapat menggerakkannya telah menghimpitkan puncaknya ke Irak. Pergerakan lempeng ini membentuk pegunungan-pegunungan di Iran dan Turki, dan juga menghimpit aquifer-aquifer di Irak. 
 
Air tidak dapat mengalir ketika strata bebatuannya terhimpit, menghambat aliran air. Lempeng Arab, secara harafiah, terlontar kembali dari tekanan ini ketika lempeng Afrika tergulung dan anjlok, yang memungkinkan Irak melebar. Kondisi ini tertulis dalam geografi wilayah itu, satu-satunya skenario yang menjelaskan terbentuknya pegunungan di Iran, lembah African Rift, dan dataran-dataran subur di Irak." 
End of ZetaTalk 
 
Sumber: ZetaTalk Chat Q&A for February 16, 2013

Baca juga:
Peringatan Alien Zeta: Masalah Air




Masalah Air Bersih: Air Suling Itu Vital