Kamis, 10 Mei 2012

Layanan Publik Simulasi Medan Magnet Bumi Ditutup

Baca juga: 
Kaitan Anomali Medan Magnet Bumi, Gempa, Gunung Meletus


Image Credit: Khan

Kondisi Medan Magnet Bumi Sudah Tak Bisa Lagi Dipantau Publik
Kondisi medan magnet bumi senantiasa dipantau oleh satelit ACE, yang berlokasi di antara matahari dan bumi. Data ini dicatat secara real time ke dalam magnetic simulator. Mengapa dalam simulasi? Karena medan magnet tersebut sebenarnya tak terlihat, maka harus dibuat simulasinya. Meskipun demikian, datanya akurat karena merupakan data real time. Situs-situs yang menayangkannya untuk konsumsi publik secara real time adalah NICT (The National Institute of Information and Communications Technology) dan Solar & Astrophysics Laboratory (milik Lockheed). Yang populer adalah NICT, karena situs inilah yang menampilkan data simulasi itu. Sayangnya layanan ini ditutup hingga sekarang entah sampai kapan.

Anomali Sejak 2009 Kian Dramatis
Sudah sejak 2009 simulasi magnetosfer NICT menunjukkan anomali, yang jika diperhatikan dengan seksama bukan karena aktifitas bintik matahari. Anomali ini terus meningkat hingga 2012 ini. Sayangnya, justru saat penampakan anomali medan magnet bumi kian dramatis sekarang ini,  masyarakat tak lagi dapat mengakses situs tersebut. Baru akhir Maret 2012 ini situs NICT menutup layanan Real-time Magnetosphere Simulation, yang telah berjalan selama 10 tahun ini.
NICT End of Web Service (NICT: The National Institute of Information and Communications Technology) http://www.nict.go.jp/en/terminated-web-service.html
"The NICT Real-time Space Weather Simulation Service ended at the end of March 2012 because the lease period of the supercomputer for the real-time simulation expired and because a supercomputer for the real-time service will not be immediately available. We plan to develop more accurate and practical space environment models, hoping to be able to resume the real-time simulation in the near future."
Anomali Medan Magnet Bumi Yang Luar Biasa di NICT Sebelum Ditutup
Menurut seorang member poleshift.ning.com Kyle Rieth yang telah dua puluh tahun berkecimpung di dunia astrofisika mengatakan belum pernah ia melihat penyimpangan medan magnet bumi separah itu seperti yang ditunjukkan di simulasi NICT sebelum NICT ditutup.