Selasa, 01 Mei 2012

Gempa Aceh 11 April 2012 dan Terangkatnya Lempeng Indo-Australia

Tahap 7

Pada 11 April 2012, Aceh dilanda gempa besar 8,9SR, meskipun kemudian kekuatannya dikurangi menjadi 8,7SR oleh USGS. Gempa ini juga dirasakan di Singapura, Thailand, dan India. Dan hampir seluruh dunia juga dilanda gempa ketika itu. Pada saat bersamaan, buoy-buoy (alat-alat pelampung pendeteksi tsunami) memberi peringatan adanya aktifitas lempeng-lempeng tektonik yang signifikan. Gempa-gempa global juga terjadi keesokan harinya, 12 April 2012. 
Large Aceh Quake Triggers Indian Ocean Tsunami Warning, 11 Apr. 2011 
http://www.bbc.co.uk/news/world-asia-17675399
"An earthquake with an initial magnitude of 8.9 has struck under the sea off Indonesia's northern Aceh province. The quake triggered a tsunami warning across the Indian Ocean region. It was initially reported as 8.9 magnitude but was later revised down to 8.7 by the USGS. The tremor was felt as far away as Singapore, Thailand and India." 
Tsunami Buoy April 2012 
Pada April 2011 sejumlah tsunami buoy di wilayah Pasifik hingga India dalam keadaan event mode, yaitu menyala-nyala memberikan peringatan adanya aktifitas lempeng-lempeng tektonik:
 Credit: NOAA
  • buoy 56003 di utara Australia menunjukkan kolom air laut yang anjlok 26 meter (78 feet) 
  • buoy 55015 di selatan Tasmania menunjukkan kolom air laut yang anjlok lebih dari 100 meter.
  • buoy-buoy di beberapa tempat lain seperti di sepanjang Lempeng Mariana, di bagian barat India di sepanjang lempeng yang membatasi di sana, hingga di Jepang di sepanjang perbatasan lempeng Pasifik juga menyala-nyala.



Penjelasan ZetaTalk 
(Terjemahan bebas dari link)

Mulai ZetaTalk 
"Beberapa fakta menjadi jelas setelah gempa berkekuatan 8.9SR pada 11 April 2012 di lepas pantai Sumatera.

Pertama, tsunami yang dialami pada 26 Des. 2004 tidak terulang.
  • Pada 2004, lempeng yang menahan India terangkat, sehingga memindahkan air laut berjumlah masif ke semua arah, yang mengakibatkan tsunami dengan jumlah kematian tinggi.   
  • Pada 2012, lempeng-lempengnya saling menggelincir (slip-side), dengan dampak terbesar berupa terbentuknya ruang kosong (void) untuk sementara waktu di sepanjang perbatasan-perbatasan lempeng yang menyebabkan buoy 55015 menunjukkan data penganjlokan kolom air laut yang menakjubkan, 65 meter (195 kaki). Peristiwa ini tidak mengakibatkan tsunami karena air laut hanya bergulung-gulung di ruang kosong itu lalu menemukan tingkat perataannya, dan tidak bergerak menyebar ke sisi.
Fakta kedua muncul di hari berikutnya: data gempa di IRIS.

Gempa 11-12 April 2012
 
[Restrukturisasi Lempeng--Lempeng Dunia/Kerak Bumi]  
Pantai Barat AS mengalami sejumlah besar gempa, kelanjutan penyesuaian setelah gempa 7,9SR dekat Acapulco, namun sudah jelas peristiwa yang terjadi lebih dari itu. Lempeng di SELURUH DUNIA sedang melakukan penyesuian (restrukturisasi). Lihatlah grafik buoynya. Buoy-buoy yang memberi peringatan melakukan lebih dari sekedar aktifitas di sepanjang perbatasan Lempeng Sunda, tapi juga di sepanjang perbatasan Lempeng Mariana yang sedang terlipat, dan tepian timur lempeng yang menahan Australia yang sedang terangkat. Gempa-gempa pada data IRIS juga terjadi di kedua sisi Afrika, ketika lempengnya membuat penyesuaian. Namun yang paling mengejutkan adalah jumlah penyesuaian di Pasifik bagian utara, di antara Pantai Barat AS dan Meksiko dan Jepang, dan Lempeng Mariana, yang sedang terlipat.
  • [Lempeng India Sedang Bergeser Ke Barat] Apa yang terjadi selama gempa Sumatera adalah pergeseran lempeng India ke arah barat, sedemikan rupa sehingga membentuk rongga-rongga kecil di sepanjang lempeng yang berbatasan dengan Sumatera yang diumumkan oleh buoy-buoy. Hal ini memang menunjukkan keterkaitannya dengan retak-retak pada tanah, beberapa hari sebelumnya, di sepanjang jembatan suspensi di peg. Himalaya di sepanjang perbatasan Thailand/India. 
 Skenario Pergerakan Lempeng-Lempeng Tahap 7 
Menuju Pergeseran Kutub (Tahap 10) 
 
  • [Lempeng Afrika dan Lempeng Amerika Utara Sedang Bergeser Ke Barat] Afrika selama ini juga sedang menepi ke barat, dengan teregangnya lempeng Atlantik. Aktifitas ini memungkinkan lempeng yang menahan India (Lempeng India - pen.) melakukan pergerakan itu. Selama penyesuaian ini, hambatan-hambatan apapun yang menahan terlipatnya Lempeng Mariana dilonggarkan. Dan baik Lempeng Mariana maupun Lempeng Filipina menerima tekanan dari Lempeng Pasifik. Aktifitas ini memungkinkan wilayah di bagian selatan lengkungan Amerika Utara juga bergeser ke barat. 
Tidakkah telah kami prediksikan bahwa pelebaran/peregangan Lempeng Atlantik akan memungkinkan jatuhnya lempeng Afrika yang anjlok dan terplintir ke RONGGA kosong (void) yang semakin banyak di Samudera Hindia?

Tidakkah telah kami prediksikan bahwa Lempeng Mariana dan Lempeng Filipina akan terjungkit dan terlipat selama skenario-skenario Tahap 7? Apalagi yang membuat buoy-buoy di wilayah itu memberi peringatan, yang mana wilayahnya begitu jauh dari pergerakan lempeng slip-slide di barat Sumatera?

Tidakkah telah kami prediksikan bahwa benua Amerika Utara akan mengetat menjadi sebuah lengkunan ketika penyesuaian lempeng Tahap 7 berjalan? Di sini seluruh Pantai Barat, mulai dari Vancouver hingga Acapulco tiba-tiba mengalami gempa-gempa signifikan. Kami nyatakan bahwa lempeng-lempengnya telah melonggar, dan sedang bergerak. Prediksi-prediksi Tahap 7 kami telah menjadi FAKTA." Akhir ZetaTalk


Perobekan Lempeng Atlantik
Image creditjochemnet.de

Lokasi Buoy-Buoy Terkait
(sumber gambar: NDBC) 

buoy-buoy di barat India dan 
sepanjang lempeng yang berbatasan dengan Sumatera

buoy-buoy di utara Australia 

buoy-buoy di selatan Tasmania

buoy-buoy di sepanjang Lempeng Mariana

buoy-buoy di sepanjang lempeng Pasifik yang berbatasan dengan Jepang