Kamis, 17 Januari 2013

Siklon Tropis Bopha, Pembauran Musim Menjelang

Siklon Tropis Bopha, yang memiliki nama internasional 'Pablo', pada Desember 2012 melanda Kep. Mindanao, Filipina. Menurut pakar, siklon tersebut adalah supertyphoon berkategori 5 dengan kecepatan maks. 259 km/jam (140 knot) dengan hembusan angin mencapai 314 km/jam (170 knot).  Dampaknya dahsyat, ratusan orang tewas, puluhan ribu orang terkena dampak, banyak orang hilang, dan kerusakan-kerusakan tak terkira pada perumahan dan infrastruktur.
274 Orang Tewas Akibat Siklon Bopha, BNPB Siapkan Bantuan (tribunnews)Jumlah korban tewas akibat terjangan siklon tropis Bopha atau Pablo di Filipina terus bertambah. Siklon telah menyebabkan banjir, banjir bandang, longsor dan angin kencang. Pada Rabu (5/12/2012), korban tewas mencapai 274 orang dan 339 orang luka. Diperkirakan jumlah korban tewas akan bertambah karena masih banyak orang yang hilang. Sebanyak 45.899 KK atau 217.850 orang terkena dampak siklon Bopha yang tersebar di 18 kota di 22 provinsi di Filipina. 35.603 KK (177.277 orang) mengungsi di 372 titik tempat evakuasi. Kerugian fisik sementara adalah 2.776 rumah rusak, 2 jembatan rusak dan kerusakan infrastruktur lainnya. Perkiraan awal dampak kerusakan sekitar USD 4,36 juta. ....Filipina memang daerah yang rawan dilalui siklon tropis. Siklon Bopha adalah siklon keenam belas yang menerjang Filipina tahun ini. Filipina sendiri rata-rata setiap tahun diterjang 20 siklon. Siklon Bopha telah menghantam daratan Filipina sejak Senin (3/12/2012) yaitu menerjang Pulau Mindanao, Filipina selatan, dengan kecepatan 210 km per jam saat menuju ke Laut China Selatan. Berdasarkan informasi dari BMKG, siklon ini menguat kembali dalam 24 jam ke depan (6/12/2012).  Kekuatannya 70 knots (130 km/jam).  


Terjang Filipina, Siklon Tropis Bopha Berdampak Untuk Indonesia, 06 Desember 2012 (gatra): Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan bahwa berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam 24 jam kedepan, Jumat (7/11), siklon tropis Bopha intensitasnya kembali menguat kembali dengan Kekuatan 70 knots (130 km/jam). Siklon Bopha saat ini telah meninggalkan wilayah Mindanau dan berada di Laut China Selatan sekitar  12.0 Lintang Utara (LU),116.8 Bujur Timur (BT) atau sekitar 1290 km sebelah timur laut Natuna dengan kekuatan 65 knots atau 120 km/jam. "Hal ini akan  memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa hujan dengan intensitas ringan sampai sedang," ujar Sutopo, Kamis (6/11). 
Siklon Tropis Langka 
Yang menarik, menurut pakar, siklon ini, selain monster berkategori 5, juga terbentuk dekat garis khatulistiwa, yang mana tidak umum, pada latitude 3.6°N. Depresi tropis jarang sekali terbentuk dekat ekuator karena efek coriolis pada latitude itu tidak cukup efektif untuk membuat angin berputar-putar.   
"The typhoon is following a similar track to last year's Tropical Storm Washi (Sendong), which hit Mindanao on December 16, 2011 and killed more than 1,200 people. " http://www.abs-cbnnews.com/nation/12/03/12/pablo-category-5-supertyphoon-us-scientists 
Para alien Zeta menjelaskan bahwa keterhuyungan bumi sudah pastinya merubah efek coriolis yang biasanya dialami di bumi dalam kondisi-kondisi normal, yang berdampak pada pembelokan arah angin biasanya, salah satunya. Dengan kata lain, arah angin telah menjadi kacau, dengan demikian musim/cuaca ekstrim.

Penjelasan ZetaTalk 8 Des. 2012: 
Start of ZetaTalk  "Akibat Keterhuyungan Bumi akibat kehadiran Planet X dekat bumi, ketika matahari berada tepat di atas Samudera Pasifik, perairan yang tadinya berada di Garis Khatulistiwa tiba-tiba tidak lagi terpusat di Filipina, melainkan di Australia. 

 

Lalu perairan ini mendapat gerakan terputar ketika Gerak Angka 8 Keterhuyungan Bumi memiringkan Kutub Utara, pertama-tama ke kanan selama matahari berada tepat di atas india, lalu ke kiri selama matahari berada tepat di atas Itali.

Keterhuyungan Bumi 


Pada dasarnya ini adalah Efek Coriolis yang dipicu oleh keterhuyungan bumi. Aktifitas ini juga dapat dilihat di sepanjang Pantai Barat Amerika, dimana hujan sepertinya tidak pernah berhenti turun, dimana badai-badai semacam itu biasanya menimpa Amerika Tengah. (Ini karena) wilayah-wilayah di latitude bagian utara telah tergeser ke utara, ke tempat mendaratnya massa-massa udara tropis berkelembaban tinggi. 


 Efek Coriolis Normal Pada Pembelokan Arah Angin 


 Creditsurfline.com


Aktifitas pemompaan udara (abnormal--pen.) ini, yang menghasilkan **jet stream vertikal di Amerika, berperan penting dalam membelokkan jalur Badai Sandy ke New Jersey baru-baru ini ketimbang membiarkannya menuju laut, jalur yang biasanya dilalui siklon-siklon di sepanjang Pantai Timur AS. Siklon-siklon yang teramat sangat tidak biasa juga melanda Amerika Selatan, yang naik dari Samudera Atlantik, dan merangsek Laut Utara dengan jumlah badai yang memecahkan rekor. 
Tropical Cyclone Ever Forms in South Atlantic, March 11,2010 (livescience)The second ever tropical cyclone to form in the South Atlantic has been spotted about 180 miles off the coast of Brazil. Tropical cyclones typically don't form in the Southern Atlantic because the waters are usually too cool. However, forecasters at the Naval Research Laboratory noted that a low pressure system off the coast of Brazil appeared to have tropical storm-force winds. The storm has been dubbed Tropical Storm 90Q. The first known South Atlantic tropical cyclone (the collective name for tropical storms, hurricanes and typhoons) was seen in 2004 and called "Catarina." A hurricane called "Catarina" made landfall on March 28, 2004 near the town of Torres in the southern Brazilian state of Santa Catarina (thus, the storm's name). It was the first "hurricane" ever observed by satellite in the south Atlantic." While tropical cyclones in the Northern Hemisphere spin counterclockwise, those in the Southern Hemisphere spin clockwise. 
String of Storm Systems Equivalent to a Category Four Hurricane to Strike UK, December 11, 2011 (weatherspace)A storm system last week produced very damaging winds across the area and if you can believe it or not, a string of storms stronger than the last one will smack the area this next week. The storm pattern is very dangerous this next week across the United Kingdom as storm systems approach the area from the west. These storm systems have central surface low pressure readings that of major hurricanes, including one by the end of the week being equivalent to a category four hurricane. 
[Trend Siklon Tropis Nanti] 
Semua ini terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini, dan semuanya karena Keterhuyungan Bumi. Lalu kemana arahnya (trendnya) ini nanti? Telah kami nyatakan bahwa dengan digelarnya skenario-skenario Tahap 8, akan ada pesisir-pesisir yang pada dasarnya tidak lagi dapat ditinggali, dimana tanaman-tanaman pangan tumbuh dan dipanen namun tidak aman ditinggali manusia. Telah kami nyatakan bahwa musim-musim akan seperti membaur satu sama lain, tidak lagi dapat dibedakan. Masa-masa seperti itu tengah mendatangi.End of ZetaTalk 
Prediksi Tahap 8: Telah kami nyatakan bahwa pembauran musim akan menjadi sebuah faktor, sampai sejauh bahwa cuaca akan melompat dari pertengahan musim panas ke pertengahan musim dingin dalam waktu sekitar satu hari. Kita belum lagi sampai di sana. [ZetaTalk Oct. 8, 2011
Prediksi Overlap Tahap 8 : Ada banyak kebingungan mengenai tingkat kecepatan pergerakan-pergerakan lempeng Tahap 7 yang telah sengaja ditahan (oleh Dewan Alam Semesta Ini--pen.), dan bagaimana campur tangan dengan pergerakan alami event-event alam selama lewatnya Planet X pada jarak terdekat dengan bumi mungkin akan berdampak pada keseluruhan prediksi-prediksi kami. 
Pergerakan-pergerakan lempeng Tahap 7 akan terjadi tanpa memandang seberapa besar telah ditahan di awalnya. Setiap goncangan bumi selama keterhuyungannya sehari-hari mendorong lempeng-lempeng itu bergerak. Ada langkah-langkah dan tahapan-tahapan pada pergerakan-pergerakan lempeng seiring dengan mendekatnya jam Pergeseran Kutub. Apa makna dari penundaan ini adalah bahwa salah satu dataran tinggi akan diperpendek. Skenario-skenario Tahap 7 lainnya akan susul-menyusul dengan kecepatan lebih tinggi. Dan akan terjadi overlap dengan pergerakan-pergerakan lempeng Tahap 7 kemudian dan skenario-skenario Tahap 8. [ZetaTalk Mar. 17, 2012]
**Jet stream adalah alur dari arus udara yang mengalir dengan kecepatan tinggi seperti layaknya sebuah sungai yang terjadi sebagai akibat fenomena alam pada pertemuan udara panas dengan udara dingin.(kompas)


Sumber: