Kamis, 24 Januari 2013

Musim Ekstrim Eropa Desember 2012 : Keterhuyungan Bumi

Cuaca Ekstrim Di Bumi Utara
Salah satu dampak dari Keterhuyungan Bumi adalah musim yang salah waktu. Salah satu contohnya, musim berubah menjadi tidak seragam untuk wilayah-wilayah di latitude yang sama, seperti misalnya yang terjadi di benua Eropa pada Desember 2012. 
Eropa berada di Bumi Utara dalam zona latitude Tropic of Cancer.  Di Bumi Utara, Desember seharusnya menjadi musim dingin, seperti biasanya di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Utara, dan lainnya di zona itu. Posisi Kutub Utara bumi terhadap matahari pada bulan Desember adalah menjauh dari matahari, sehingga wilayah Bumi Utara kurang mendapat sinar matahari, dengan semakin ke utara semakin gelap dan Kutub Utara gelap 24 jam.
Posisi Bumi Pada Desember
Kutub Utara menjauh dari matahari
(Musim Desember Solstice/Winter Solstice = musim dingin di bumi utara, musim panas di bumi selatan, musim hujan maks. di Indonesia--Baca: Musim Normal)
Image credit: jewellgarden
Eropa dan Amerika berada di wilayah musim bernama Tropic of Cancer

Namun yang terjadi, ketika itu, pada Desember 2012, malah kekacauan musim:
  • Siberia, di Rusia, dilanda musim dingin mematikan yang memecahkan rekor setelah berdekade-dekade;
  • Inggris (dekat benua Eropa), yang dilanda gelombang pasang dahsyat sehingga banyak wilayahnya terendam tinggi, kedatangan musim semi terlalu cepat, sehingga bunga-bunga mulai bersemii; (BacaGelombang Pasang Laut Parah Desember 2012: Penyebab)   
  • Jerman dan Perancis (Eropa) kepanasan.    

 

December 24, 2012, White Christmas for Moscow while South Europe Sweats (terradaily)From deadly cold in Russia, floods in Britain and balmy conditions that have residents in southwest France rummaging for their bathing suits, the weather has gone haywire across Europe in the days leading up to Christmas. 
December 23, 2012, Russia: Record Lows; Germany: Record Highs: http://bit.ly/WzG4RwRussia this year's December cover extremely low temperatures in Siberia have fallen by up to 57 degrees Celsius below zero. The worst cold in the last 50 years, some parts of Russia completely paralyzed. In some parts of Germany on Christmas Eve will be a record warm. In Bavaria, where they are taking this time still snow, this Christmas may be the warmest in history. 
December 19, 2012, Down to -50C: Russians Freeze to Death as Strongest-in-Decades Winter Hits: (rt.com)Russia is enduring its harshest winter in over 70 years, with temperatures plunging as low as -50 degrees Celsius.  
December 25, 2012, The Christmas Daffodil? (dailymail) Keen gardener said that the flowers are his earliest blooms yet.
Bagaimana bisa demikian?  Pergantian musim normal di bumi selama ini dimungkinkan oleh posisi bumi yang tertentu, yaitu miring 23,5 derajat. Maka ketika musim ekstrim terjadi, tak pelak lagi, kemiringannya telah berubah ekstrim--perubahan posisi bumi yang ekstrim.  Berikut penjelasan lebih lanjut dari Nancy Lieder. 
Penjelasan ZetaTalk tentang cuaca ekstrim Desember 2012: Keterhuyungan bumi telah menyebabkan Siberia terjungkit/miring ke atas ketika Kutub Utara Bumi didorong menjauh oleh semburan magnetik Planet X, ketika matahari tepat berada di atas Pasifik. Maka, Siberia mendapat sinar matahari yang lebih sedikit. Lalu dalam keterhuyungannya itu bumi terjungkit lagi sehingga Eropa mendekat ke wilayah Equator. [Terjemahan bebas The ZetaTalk Newsletter, # 328, Jan. 13, 2013] 
Komentar ZetaTalk tentang gelombang pasang laut dahsyat, 22 Des. 2012 Ini nyata-nyata adalah akibat suatu jenis keterhuyungan bumi yang parah. Ada banyak laporan tentang posisi matahari yang terlalu jauh di arah selatan, matahari terbit yang terlalu awal, dan matahari terbenam yang telat dan kelamaan. Kemiringan bumi ke arah berlawananlah yang bertanggung jawab. Dan ketika bumi terlempar kesana-kemari karena berupaya mengakomodir semburan magnetik dari Kutub Utara Planet X, terjadilah gelombang laut yang menghempas kesana-kemari. Kalau tidak, mengapa pula pesisir-pesisir tersebut, di sepanjang Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik terlibat, secara bersamaan?


Cuaca Ekstrim Di Bumi Selatan
Dengan demikian, akibat keterhuyungan bumi, cuaca ekstrim sudah pastinya juga dialami Bumi Selatan pada Desember 2012. Contohny:

  • Antartika mengalami "demam," cuaca panas-dingin. Distribusi suhu panas dan dinginnya tidak merata, seperti yang ditunjukkan oleh peta temperatur di paling bawah halaman ini. Hujan turun untuk pertama kalinya di sana setelah 9 tahun. 
  • Di Afrika Selatan, hujan batu es sebesar tinju merusak 500 rumah.
  • Listrik di Bandara Rio, Brazil, tiba-tiba padam dalam cuaca terpanasnya sejak 1915. 

December 23, 2012, Antarctica: Rainfall for the First Time in 9 Years, Syowa Station (inz.be.jp)Rainfall was observed at Syowa station, Antarctica. Syowa station and intermittently continued to fall until the night. 
December 27, 2012, Brazil Leader Tries to Calm Fears After Rio Airport Outage (online.wsj.com)The outage delayed flights and knocked out the air conditioning on a day when temperatures touched 109 degrees, Rio's hottest since at least 1915. 
December 9, 2012, 'Fist-Sized' Hail Damages Hundred of Homes Near Johannesburg South Africa (timeslive)More than 500 houses have been damaged in Ladysmith by "fist-sized" hail stones.
Berikut penjelasan Nancy Lieder atas kondisi tersebut.  
Suhu-suhu Antartika di bagian Pasifik, dimana bumi terdorong KE ATAS, menjadi lebih panas ketika Antartika mendapat lebih banyak sinar matahari setiap harinya. Namun hujan batu es turun di Afrfika Selatan karena adanya arus-arus udara dingin yang disebabkan oleh gerakan bumi kemudian dari sisi ke sisinya dalam keterhuyungannya[Terjemahan bebas The ZetaTalk Newsletter, # 328, Jan. 13, 2013]