Sabtu, 31 Desember 2011

Sinkhole/Ambles/Longsor 2011

25 Nov. 2011: Longsor di Jalur Pendakian Semeru
MediaIndonesia: Jalur Pendakian Gunung Semeru LongsorJalur pendakian Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, longsor karena hujan deras mengguyur kawasan itu. Kepala Bidang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah II Lumajang Anggoro Dwi Sujiharto, Jumat (25/11), mengatakan ada tiga titik jalur pendakian yang longsor di antara pos tiga hingga pos empat. ...
Tiga titik longsor tersebut, lanjut Anggoro, tidak menyebabkan jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa itu putus, sehingga para pecinta alam bisa melakukan pendakian hingga pos Kalimati.

22 Nov. 2011: Banjir Rob di Semarang Akibat Tanahnya Turun
Berita Kompas: Tanah Semarang Utara Turun
Banjir karena rob (pasang air laut), diperkirakan akan terus melanda Kota Semarang bagian utara. Salah satu penyebabnya, tanah di kawasan itu terus turun. 

22 Nov. 2011: Tanah Terus Ambles di Semarang 
Berita Suara Merdeka: Tanah Ambles Akan Jadi Momok Warga Semarang. Masalah tanah ambles yang terjadi di wilayah Kota Semarang terutama sisi utara merupakan isu yang terlupakan. Tanpa ada tindakan disertai kebijakan apa pun, lambat laun bangunan di Semarang akan berlomba-lomba dengan air yang selalu meninggi. ...."Saya yang tinggal di Tanah Mas merasakan betul, tiap tahun air selalu naik. Warga pun berlomba-lomba menaikkan rumahnya. Makanya penanganan ini harus secara komprehensif, tidak sepotong-potong dengan mengandalkan pembuatan saluran semata. Tidak ada fungsinya buat saluran, kalaupun penampang tanahnya turun," 

18 Nov. 2011: Jebol Lagi Tanggul Kali Krukut, Depok, Jawa Barat
Berita Liputan6: Tanggul Kali Krukut Jebol Lagi. Pengerjaan perbaikan Tanggul Grogol di aliran Kali Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat, sampai Jumat (18/11), masih terus dilakukan Pemerintah Kota setempat. Perbaikan Tanggul Grogol diawali dengan pembangunan turap di sisi kanan kiri aliran kali dan memperlebar aliran sungai yang telah menyempit. Namun tanggul yang masih dalam perbaikan itu kembali jebol akibat curah hujan tinggi selama beberapa hari terakhir. Akibatnya, sisi kanan dan kiri kali terkikis makin melebar sehingga kondisinya cukup membahayakan. Jebolnya tanggul ini membuat wilayah hilir di antaranya Pondok Labu, Jakarta Selatan terancam banjir kiriman.

7 Nov. 2011: Muara Baru Terbentuk 50 Meter dari Pesisir Pantai Semula di Sumatera Barat
Berita Vivanews: Muara 700 M Terbentuk Setelah Banjir Bandang. Muara yang terbentuk pasca banjir bandang ini sekarang membentuk garis pantai baru. Banjir bandang di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tercatat sebagai banjir terbesar dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Banjir bandang yang menewaskan enam orang itu mengubah bibir pantai Pasir Putih, Nagari Kambang, Kecamatan Lengayang. Sebuah muara baru dengan lebar sekitar 700 meter terbentuk pasca-banjir bandang yang menghantam 10 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan. "Muara baru ini terbentuk dari aliran Batang Liku yang lebar sebelumnya hanya berkisar sekitar 8 meter," kata Manager Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Sumbar Ade Edward pada VIVAnews.com, Senin 7 November 2011.

26 Oktober 2011: Singkawang, Kalimantan Barat Berada di Bawah Permukaan Air Laut
Berita Tribunpontianak: Singkawang Rawan Bencana Banjir. Wakil Wali Kota Singkawang, Edy R Yacoub,  menyatakan bahwa daratan Kota Singkawang posisinya berada di bawah permukaan air laut. Dengan kondisi seperti itu, kata Edy, Singkawang merupakan daerah yang rawan banjir. "Yang bisa kita lakukan hanyalah membuat air itu tidak tergenang," kata Wawako ditemui Rabu (26/10/2011). Mengantisipasi kemungkinan tersebut, Wawako berharap dapat menambah saluran dan menjaganya tetap berfungsi. "Saya mengimbau masyarakat tidak membuang sampah di drainase, karena dapat menyumbat jalannya air," ujarnya.

2008: Rawabuaya berada di bawah permukaan air laut
Berita BeritaJakarta: Sejumlah Perusahaan di Rawabuaya Tutup Saluran Air. Karena letak geografisnya yang berada di bawah permukaan air laut, hampir seluruh wilayah di Kelurahan Rawabuaya, kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat masuk kriteria kawasan rawan banjir. Memasuki musim penghujan warga Rawabuaya kini bersiap-siap menghadapi bencana banjir yang bisa datang setiap saat. Ironisnya, meski musim hujan sudah di depan mata, namun kondisi saluran air di lingkungan Rawabuaya tampak belum siap menghadapi curahan air hujan. Hal ini terlihat dari banyaknya sampah dan lumpur yang mengendap sehingga menghambat laju air. Bahkan sejumlah saluran terlihat tertutup beton.



23 November 2011: Malaysia
Sumber: Malaysia: Cracks grow wider by the day/Flood warning for a few districts in three states effective until tomorrow, by khan on November 23, 2011 at 6:00am 

Retakan sepanjang 50 meter muncul di jalanan dekat Pandan Mewah Heights dan terus melebar setiap harinya, membuat takut para penduduknya.
http://www.nst.com.my/streets/central/living-on-the-edge-1.9657#ixz...

Kembali ke Indeks [Update Dunia]


From Pole Shift Ning Blog: Colombia: more landslides and collapses, by Andrey Eroshi
23 November 2011



22 November 2011


22 November 2011
Jalan longsor di antara Río Verde dan Barragan di utara Valle del Cauca.
http://www.cronicadelquindio.com/noticia-completa-titulo-invierno_a...


21 November 2011
Jembatan Guayabal runtuh. Jembatan tersebut menghubungkan Chinácota Cucuta dan kota-kota lain seperti Toledo dan Ragonvalia. Runtuhnya disebabkan oleh meningkatnya arus air, yang akhirnya melemahkan struktur jembatan. http://www.laopinion.com.co/noticias/index.php?option=com_content&a...


21 November 2011
Jalan amblong/longsor di kilometer 29 Jalan Ibague, Armenia, di daerah yang disebut "Los Chorros". Merusak jalan itu sepanjang 20 meter.
http://www.elespectador.com/noticias/nacional/articulo-312410-nuevo...


20 November 2011
Jalan amblong di jembatan di kilometer 65 di antara Arroyo Nuevo dan Molinero.
http://www.elheraldo.co/local/lluvias-no-dejan-avanzar-obra-en-puen...
 


19 November 2011
Jalan amblong/longsor di antara Cali dan Buenaventura (barat daya) ke Samudera Pasifik. Korban luka setidaknya 10 orang. Longsor menimbun dua kendaraan yang sedang melaju. Longsor disebabkan oleh hujan deras.http://www.publimetro.cl/nota/actualidad/enorme-deslizamiento-en-ca...!CHRzOFs3kMkLU/



Peta Lokasi Bencana