Jumat, 09 Desember 2011

Analisa Runtuhnya Jembatan Minneapolis, 2 Agt. 2007

Tahap 7 Menuju Pergeseran Kutub
Pada tanggal 2 Agt. 2007, seluruh bagian jembatan tol I-35 di Minneapolis, AS, roboh, menceburkan kendaraan-kendaraan dan orang-orang ke dalam Sungai Mississipi. Tujuh orang tewas, lusinan luka-luka. Ada yang menjadi perhatian tim investigasi, yaitu cara jembatan itu jatuh di bagian selatan, setelah mengamati video peristiwa tersebut hasil rekaman kamera keamanan yang dipasang di ujung utara jembatan itu. Tampaknya, jembatan itu tergeser sekitar 15 meter (50 kaki) ke arah timur, saat runtuhnya. Selain itu, menurut laporan warga, sebelumnya di wilayah itu ada bau telur busuk serta kemunculan banyak alga di sungainya. (Bridge collapse probe focuses on unexplained shift, CNN 
Video Youtube: Link (momen jembatan tergeser lalu ambruk)
Jembatan Tol I-35 Minneapolis Runtuh 
 Image credit: CNN

Jalur Tol I-35, AS
 Image credit: i35highway

Peristiwa robohnya jembatan Mineappolis tersebut terkait dengan pergerakan lempeng-lempeng tektonik (kerak-kerak bumi) sebagaimana terurai dalam Tahap 7 menuju Pergeseran Kutub.
Penjelasan ZetaTalk, 7 Agt. 2010: Minneapolis Bridge. (Terjemahan bebas) "Telah kami prediksi bahwa jembatan-jembatan yang terentang di atas S. Mississipi akan terkena dampak ketika New Madrid dan sesar-sesar terkait membuat penyesuaian-penyesuaian, menuju Pergeseran Kutub. Apakah jembatan ini, yang menyeberangi S. Mississipi di Minnesota, runtuh karena penyesuaian semacam itu, yang mana kaki-kaki di satu sisi jembatan bergerak ke arah yang berseberangan dari kaki-kaki jembatan di sisi lain, ataukah mungkin jembatannya ditarik terpisah? 
Sungai Mississipi muncul dari Minnesota, yang menyembur keluar dari sumber-sumber air di dataran-dataran tinggi di Minessota dari serangkaian air terjun. Ini merupakan sebuah kisikan adanya keterlibatan penyesuaian-penyesuaian pada strata bebatuan. Dataran-dataran tinggi di Minnesota berujung di Minneapolis, dengan dataran rendah terletak di Timur di sepanjang titik ini. Apa lagi yang bisa membuat tanah di Timur ini anjlok kalau bukan fakta bahwa tanahnya dahulu pernah teregang? Telah kami jelaskan bahwa perobekan Sesar St. Lawrence Seaway berujung pada tertekuk-tekuknya Black Hills di Dakota Selatan. Menjalar dari Montreal, di mulut seaway, hingga Rapid City, Dakota Selatan, hingga Minneapolis.
Mengapa harus ada penyesuaian di tengah-tengah zona peregangan ini sementara seaway-nya tak ikut ambil bagian? 
Ketika kami menjelaskan semuanya secara sekaligus tentang tarikan diagonal yang dialami benua Amerika Utara , dan bagaimana ini akan terjadi sebagai "jepretan" ketika terjadi penyesuaian, kami tak bermaksud menjelaskan bahwa prosesnya akan mulus. Titik-titik lemah di sepanjang garis-garis robek akan kendur satu per satu, yang mana masing-masing penyesuaian itu akan memberi tekanan pada titik-titik lain secara domino. Jembatan i35W, yang lebih besar dari pada jembatan-jembatan yang menyeberangi S. Mississipi pada titik ini, kurang dapat beradaptasi terhadap perubahan posisi yang berseberangan pada kaki-kakinya di kedua sisinya di sungai itu, karena jembatan itu merupakan jalan penghubung beberapa jalur, sehingga memiliki penopang-penopang yang masif dan kokoh. Jembatan-jembatan yang lebih kecil memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih besar karena dibangun untuk bertahan dalam beban-beban tak rata di kedua ujungnya, sehingga rancangannya lebih elastis.  
Akankah ada lebih banyak lagi bencana-bencana semacam itu di sepanjang Sungai Mississipi dan di kota-kota yang akan terkena dampak sesar New Madrid dan robeknya (St. Lawrence) seaway? Ini baru awalnya, dan ketika tingkat  kecepatannya bertambah, tak diragukan lagi bahwa sesuatu yang lain dari Pemanasan Global adalah penyebabnya."
Waspada Gejolak Alam Selanjutnya dari UFO 8 dan 9 Agustus 2010
Kemunculan UFO kemudian, pada tanggal 8 dan 9 Agt. 2010, memberi peringatan lebih lanjut tentang akan terjadinya penyesuaian pada Lempeng New Madrid ketika terjadi gempa-gempa berskala 8+ di Jepang, yang juga akan kembali berdampak pada jembatan ini.
Penjelasan ZetaTalk 21 Agt. 2010: (Terjemahan bebas) "Pertunjukan UFO yang hampir identik terjadi di langit Victoria di Pulau Vancouver pada 8 Agt. 2010 dan di atas kota kembar Minneapolis/St. Paul di hari berikutnya, 9 Agt 2010. Karena kedua kota itu berada di benua Amerika Utara, adakah pesan yang tengah disampaikan? 
Perhatikan bahwa penampakan-penampakannya berada di latitude yang hampir sama, dan berada di latitude yang sama dengan Jepang. Kami telah membuat pernyataan bahwa Jepang akan mengalami beberapa gempa berskala 8+ sebelum terjadi penyesuaian pada Lempeng New Madrid di benua Amerika Utara. Gempa-gempa Jepang inilah yang memungkinkan bagian-bagian dari lempeng-lempeng Pasifik bergeser, dan  membuat reaksi-reaksi pada garis-garis patahan (sesar) di benua Amerika Utara."
 
"Pulau Vancouver akan mengalami gempa jolt (seperti tersundul-sundul-pen.), dan arus balik laut Samudera Pasifik di selat-selat Victoria dapat diantisipasi. Minneapolis terkenal akan jembatannya yang ter"jepret" pada 27 Agt. 2007, ketika salah satu jembatannya yang terentang di atas sungai Mississipi di jalur I-35 menarik tambatan-tambatan di sisi tenggara jembatan 50 kaki (15 meter) ke timur ketika jembatan itu terjepret."
 "Terjepret"
"Sudah jelas bahwa jembatan itu "terjepret" karena berada dalam keadaan terplintir akibat gaya memuntir, meskipun hal ini tak menjadi penjelasan resmi. Selaras dengan gempa-gempa besar di Jepang, perobekan sesar St. Lawrence Seaway juga akan "menjepret", yang sekali lagi akan membuat Minneapolis menjadi berita."
        Zona Seismik New Madrid   
 Image credit: USGS

Sesar (Rift) St. Lawrence Seaway (tanda merah)
 
 Image credit: digitalnewsreport
Garis merah adalah sesar New Madrid 

  
Sumber:
ZetaTalk Chat Q&A for August 7, 2010
ZetaTalk: Minneapolis Bridge