Jumat, 09 Desember 2011

Laporan Sinkhole 2010

Sebuah lubang raksasa menganga di tengah-tengah kota Guatemala, Haiti. Lubang sedalam sekitar 100 meter dan berbau tak enak itu telah menewaskan dua anak remaja dan melenyapkan ayah mereka. Sekitar seribu penduduk harus dievakuasi. Saat lubang terbentuk, menjelang subuh, tanah di sekitar berguncang dengan suara gemuruh yang sangat keras. (Sumber: CBS News)

Sinkhole raksasa di Guatemala, 23 Feb. 2007
 Credit: CBS News

Terbentuknya Sinkhole
Sinkhole, menurut ZetaTalk, tidak terbentuk karena naiknya water table, melainkan akibat jatuhnya tanah karena lapisan-lapisan bebatuan yang menyangganya jatuh ke dalam bumi karena ditarik ke segala arah, terutama di zona yang teregang. Ketika sinkhole terjadi (akibat peregangan suatu wilayah), seringkali diiringi oleh pemampatan pada tanah-tanah di wilayah-wilayah lain, yang tampak terlipat-lipat kusut. 
Sinkhole abad ini merupakan sebab-akibat dari Planet X/Nibiru yang membuat bumi terhuyung-huyung sehingga membuat inti bumi tak stabil, dengan demikian kerak-kerak bumi(lempeng-lempeng tektonik)nya. Sinkhole banyak bermunculan di Tahap 7 sekarang ini menuju Pergeseran Kutub, terutama di selatan Cina, yang terkait dengan penurunan Lempeng Sunda. 
Sinkhole, menurut para alien Zeta: (Terjemahan bebas)  

"Sinkhole tidak terjadi akibat naiknya water table
Sinkhole terbentuk di wilayah-wilayah yang lapisan-lapisan bebatuannya ditarik ke arah-arah yang berbeda, terutama di zona-zona peregangan (stretch zones) atau dimana suatu lempeng tektonik tengah membengkok. 
Sinkhole besar dekat Toronto, sudah jelas, adalah karena anjloknya zona peregangan karena Seaway (zona seismik St. Lawrence Seaway - pen.) tengah ditarik terpisah. 

Di Cina, lempengnya tengah ditarik ke bawah di bagian lidah yang menopang Indonesia, sehingga ada bebatuan yang "terjepret" di wilayah dimana lempeng itu patah dan bengkok. 

Demikian pula yang terjadi dengan sinkhole-sinkhole di Pennsylvania, karena benua Amerika Utara tengah ditarik ke bawah di selatan titik ini, namun naik ketika Seaway robek di utara titik ini. 
Lengkungan di benua Amerika Utara juga menarik lapisan-lapisan bebatuan, seperti yang ditunjukkan oleh sinkhole di Tennessee. Titik ini, seperti yang telah kami jelaskan, merupakan garis yang menjalar langsung dari San Diego melintasi benua itu, termasuk area dimana terjadi bencana tambang Utah beberapa tahun yang lalu.
Jadi apa yang terjadi ketika sinkhole-sinkhole terbentuk, dan mengapa bentuknya bulat sempurna?
Ketika lapisan-lapisan bebatuan ditarik terpisah, tanah yang longgar di sekelilingnya atau di antaranya akan memampat atau lebih longgar. 
Jika terbentuk lubang, tanahnya akan jatuh. Sering kali gerakan selanjutnya menciptakan lebih banyak pemampatan pada tanah (membuat tanah tampak terlipat-lipat kusut - pen.) di beberapa wilayah, sedangkan lubangnya membesar. 
Peristiwa ini mengurangi sokongan pada bebatuan atau tanah di atas lubang itu, dan pada akhirnya, tergantung pada tekanan dari atas (seperti bangunan atau jalanan), lapisan bebatuan yang rapuh dan telah retak di atas lubang akan pecah. 
Patut dicatat bahwa lapisan bebatuan di atas lubang telah terlibat dalam proses pemisahan, sehingga juga retak-retak, dengan demikian melemah.
 Titik dimana atap lubang mulai retak adalah titik pusat, dan dengan penganjlokan atau tergantung-gantung, semua titik di lingkaran di sekeliling titik itu semakin berkurang penyangganya, sehingga juga mulai jatuh atau tergantung-gantung. 
Demikianlah penampakan lingkaran sempurnya yang menakjubkan dari banyak sinkhole ini."

Wabah Sinkhole di Cina Terkait Dengan Indonesia
Sinkhole-sinkhole yang muncul di beberapa propinsi di selatan Cina, seperti Sichuan, Jiangxi, Hunan, dan Guangxi, terkait dengan pergerakan lempeng Indo-Australia. Prop. Sichuan berada di wilayah dimana tekanan dari Lempeng Indo-Australia terjadi paling kuat. [Baca juga: Laporan Sinkhole/Ambles/Longsor Gloal 2012]
Sedangkan Jiangxi, Hunan, dan Guangxi berada di zona yang terkena dampak oleh bebatuan yang pecah akibat pematahan lidah Lempeng Eurasia yang menahan Indonesia, sehingga mendapat peringatan dari UFO. Basin Sichuan itu sendiri berada di puncak peg. Himalaya, di area dimana Himalaya terdorong ke timur. Di sana menjalar garis sesar utama, Sesar Xianshuihe.  
Komentar ZetaTalk 31 Maret 2007: (Terjemahan bebas)  
"Di selatan dan barat terletak lempeng Indo-Australia, yang tengah didorong ke bawah lempeng Himalayas. 

Di timur terletak lempeng Filipina, yang akan semakin longgar selama penyesuaian-penyesuaian lempeng sebelum peristiwa pergeseran kutub, karena kehilangan tanah dan akhirnya lenyap sebagai lempeng yang tak dapat terlihat. 

Lidah dari lempeng besar Eurasia yang menahan Prop. Guangxi juga menahan kebanyakan wilayah Indonesia, yang juga akan mendapat dampak parah selama pergeseran kutub, menjadi berkeping-keping. Lidah ini tidak stabil, dan lapisan-lapisan bebatuannya akan banyak yang retak-retak selama gejolak alam di wilayah itu. Peretakan (lapisan-lapisan) bebatuan itu sudah dimulai!"

Empat Wilayah Sinkhole di Cina Selatan Dan Lidah Indonesia

Retaknya Waduk Three Gorges (Cina) Terkait Dengan Sinkhole-Sinkhole 
Peristiwa lain yang terkait adalah retaknya waduk Three Gorges di prop. Hubei, yang mengancam pemukiman penduduknya, yang berjumlah 300.000 jiwa. Waduk tersebut, yang berada di tepian barat Prop. Hubei Province, tepat berada di tengah-tengah zona peretakan lapisan-lapisan bebatuan di keempat propinsi tersebut di atas.
China: Cracks in the Three Gorges Dam, June 7, 2010 http://blogs.telegraph.co.uk/news/timcollard/100042402/china-cracks-in-the-three-gorges-dam Recent media reports tell of a series of landslips, minor earthquakes and cracks appearing in roads and buildings along the central section of the Yangtse, between the dam and the city of Chongqing. Almost 10,000 "dangerous sites" have been identified, but many of the people living near them cannot be relocated for lack of money.
[Berita Perebakan Sinkhole di China 2010] 

Sudden Sinkhole Outbreak Raises Fears in China, June 7, 2010 http://www.theepochtimes.com/n2/content/view/36969/ The Chinese have discovered at least eight sinkholes that suddenly formed in the past two weeks across their country, and many more have appeared during the past two months. Experts on site suspected that the sudden collapse of an underground karst cave created by eroded limestone caused the sinkhole, but the investigation is ongoing. Later the same day, about 300 miles west in Nanchang City, capital Jiangxi Province, a moving car was trapped when a hole about the size of the car suddenly opened up on a main road. On June 3, four huge sinkholes opened up in Guangxi Province where a torrential storm was raging. According to Chinese state media reports, more than 600 villagers had to be evacuated because of them. Three smaller holes were found between May 27 and May 30 in southwestern Sichuan Province, less than 80 miles from the Wenchuan epicenter of the deadly May 2008 Sichuan earthquake that killed approximately 80,000 people. In Yibin City about 260 miles from the earthquake's epicenter, 26 larger sinkholes have formed since April 27.



Sinkholes, Sinkholes, Everywhere you Look in China, June 11, 2010
http://shanghaiist.com/2010/06/09/sinkholes_appearing_everywhere.php?gallery0Pic=2#gallery Beginning 2010 April 27, several sinkholes appeared one after another in Yinbin City of Sichuan province, with the number of sinkholes numbering over a dozen. Sinkholes are formed by the chemical dissolution of carbonated rocks and are usually naturally occurring with a few instances of a sinkhole being formed by the collapse of a mine. What's curious though is that most of these sinkholes have occurred in the last year or so.
  
Sinkholes Appear, June 11, 2010 http://www.china.org.cn/photos/2010-06/11/content_20236324.htm A sinkhole opens up in Dachengqiao village of Nengxiang county, Central China's Hunan province, June 10, 2010. Frequent appearance of sinkholes in the village has neighbors jittery. Experts still haven't determined what caused the huge hole to open up or whether it might keep growing.

 Sinkhole di Desa Dachengqiao, Cina

Sinkholes in Hunan, June 11, 2010 http://china.globaltimes.cn/society/2010-06/541275.html There was perhaps a slightly comical element to the sinkhole which opened in home in Ningxiang County, Hunan Province on Tuesday, as it involved the family's toilet. Last month, the paddy field belonging to Yang's family also collapsed. This caused two telegraph poles to suddenly disappear, and cut off electricity for several days. In recent years, there have been regular land collapses in Nanxiang County, most notably when the playground at the Fuquan Elementary School collapsed leaving a sinkhole with a width of 80 meters.

 Sinkhole di depan sebuah sekolah dasar di Hunan, Cina

Sumber:
ZT Newsletter 20 Juni 2010