Minggu, 04 Agustus 2013

Status Lempeng Pasifik Per Juni 2013: Banjir Kep. Marshall (Revisi)

[Revisi pada font merah]

Selama pergerakan-pergerakan lempeng Tahap 7 sekarang, rantai kepulauan di Samudera Pasifik akan ada yang kebanjiran untuk sementara waktu dan akan naik selama Jam Pergeseran Kutub, dan akan ada yang lenyap ke bawah laut menuju Pergeseran Kutub. Berikut laporan dari ZetaTalk.

Terjemahan bebas dari Marshall Islands Swamped, The ZetaTalk Newsletter, Issue 355, Sunday July 21, 2013

[Banjir di Kep. Marshall]
Tides swamp climate vulnerable Marshall Islands, June 28, 2013 /rtcc.orgThe tiny Pacific Marshall Islands are being inundated by record tides. Seawater has strewn debris across the islands and could further increase the salinity of freshwater resources that are already in short supply. Many low lying islands are suffering heightened coastal erosion and are losing freshwater resources to encroaching seawater. 
Rising Seas Washing Away Pacific leader's Home Island, June 26, 2013 /eliefweb.int:The idyllic beaches on the island of Buoj where Marshall Islands President Christopher Loeak fished as a boy are already submerged, and the ever-encroaching ocean now threatens to wash away roads, schools and airstrips.


[Lempeng Pasifik: Utara, Barat, Timur, Selatan]
Para alien Zeta menggambarkan Lempeng Pasifik sebagai empat lempng mikro: Lempeng Pasifik Utara, Selatan, Barat, dan Timur.

Penjelasan ZetaTalk 11/20/2010: "Kami telah membahas fakta bahwa Lempeng Pasifik bukanlah satu lempeng, sebagaimana yang dianggap orang. Faktanya, lempeng itu terdiri dari setidaknya empat lempeng. Naiknya dan peristiwa-peristiwa pada pulau-pulau mulai dari Kamchatka hingga Hawaii hingga Kep. Society menunjukkan ini merupakan sebuah perbatasan lempeng, jauh hingga ke pusat Pasifik. 
  • Sebut saja tanah di timur dari perbatasan lempeng ini sebagai Lempeng Pasifik Timur. 
  • Di sana juga ada segitiga lempeng di antara titik-titik di Hawaii, Samoa Barat, dan Kep. Society. Sebut saja ini Lempeng Pasifik Barat. 
  • Di bawah Kep. Society adalah sebuah lempeng yang dapat disebut Lempeng Pasifik Selatan. 
  • Dan bagian Lempeng Pasifik yang mendorong ke bawah Jepang serta mendorong ke bawah Lempeng Filipina dapat disebut Lempeng Pasifik Utara."
[Lempeng Pasifik Timur]
Lempeng Pasifik Timur menyubduksi ke bawah Amerika Utara, namun naik disepanjang rantai kepulauan yang termasuk Hawaii dan Kep. Society.
Penjelasan ZetaTalk  6/12/2010: Hawaii, yang terangkat lebih tinggi setiap kali ada penyesuaian besar di wilayah itu, tengah naik. Dan hanya ini masalahnya jika ada subduksi lempeng di suatu tempat, yang mendorong lempeng yang ditunggangi Hawaii ke atas. Kep. Society berada di rantai kepulauan yang membentuk sebuah garis dengan Kep. Hawaii, dan kenaikan semacam itu bukan kebetulan. Garis ini juga merupakan garis patahan, dimana sebuah lempeng yang menyubduksi ke bawah benua Amerika naik dengan selaras di sepanjang rantai-rantai kepulauan ini. Ada sebuah garis patahan yang menjalar dari Kamchatka hingga Kep. Society, dan keduanya akan naik selama pergeseran kutub. 
[Lempeng Pasifik Barat]
Lempeng Pasifik Barat tengah menyubduksi ke bawah tepian Lempeng Indo-Australia yang tengah naik, dan menyelusur ke bawah tepian Lempeng Pasifik Timur - "sang pecundang" keseluruhan dalam permainan pergerakan lempeng ini.

Penjelasan ZetaTalk 1/15/2011: Pulau-pulau di perbatasan-perbatasan lempeng di wilayah ini tidak bernasib baik selama penyesuaian-penyesuaian lempeng mendatang. Kerusakan utama akan tiba selama jam pergeseran kutub, namun kerusakan itu telah dimulai selama penyesuaian-penyesuaian dalam pergerakan-pergerakan lempeng Tahap 7. Kep. 
Samoa menunggangi Lempeng Pasifik, yang terdorong ke bawah tepian timur Lempeng Indo-Australia. Dan, karena proses ini berlanjut dan berakselerasi, mendekati Pergeseran Kutub, kepulauan itu akan menghilang. Sedangkan Kep. Solomon juga tidak lebih baik, untuk alasan-alasan yang sama.
Kep. Tonga dan Kep. Kaledonia Baru akan naik dengan tingginya. Lempeng Fiji yang kecil itu, sebagaimana yang diindikasikan oleh pengamblesan baru-baru ini, akan menjadi pihak yang kalah, terdorong ke bawah ke dalam simpul ketika Lempeng Pasifik menekan ke arah barat. 
[Lempeng Pasifik Utara]
Lempeng Pasifik Utara menyubduksi ke bawah Jepang dan Lempeng Filipina. Dan, karena Lempeng Pasifik Timur menungganginya di bagian timurnya, maka lempeng ini, secara keseluruhan, terdorong ke bawah. Namun pendorongan ke bawah ini tidak merata, karena bagian lempeng yang terdorong ke bawah Jepang dan Lempeng Filipina memiringkan Lempeng Pasifik Utara ini, yang memungkinkan bagian timur lempeng ini naik.
Penjelasan ZetaTalk 6/12/2010: Di sana juga ada sebuah bagian Lempeng Pasifik yang mendorong ke bawah Jepang dan memaksa Lempeng Filipina menyelam ke bawah Indonesia. 
Posisi ini memiringkan bagian Lempeng Pasifik ini sehingga Kep. Marshall dan menaikkan bagian-bagian lainnya di arah barat daya dari kepulauan itu. Pulau-pulau ini akan mendapat keuntungan dari pergeseran kutub, walaupun tidak akan mendapat ketinggian yang didapat oleh Samoa Barat.
Pemiringan ini menyebabkan Kep. Marshall dan di bagian barat dayanya naik selama jam pergeseran kutub, namun selama pergerakan-pergerakan lempeng Tahap 7, dimana Lempeng Filipina dan Mariana tengah terjungkit dan terlipat, ada resistansi. Dengan demikian, langkah demi langkah dan tahap demi tahap, Lempeng Pasifik Utara dapat terdorong ke bawah untuk sementara waktu, tanpa penjungkitan yang akhirnya akan memberi keuntungan (kenaikan--pen.) pada Kep. Marshall.

Keengganan Lempeng Filipina dan Lempeng Mariana untuk saling melipat, selama pergerakan-pergerakan lempeng Tahap 7 yang telah ditunda, dikombinasikan dengan subduksi Lempeng Pasifik Utara ke bawah Jepang yang telah ditunda, telah menahan, untuk sementara waktu, pelambungan Kep. Marshall yang seharusnya telah dialami. Penduduk di sana tengah bergulat dengan banjir. Tentu saja ini bukan "air laut yang naik", karena, kalau ya, maka seluruh bagian dunia juga akan mengalami kenaikan air laut semacam itu! Karena, air akan mencari tingkat perataannya, dan tidak akan naik hanya di satu tempat. 

[Terjemahan bebas dari Marshall Islands Swamped, The ZetaTalk Newsletter, Issue 355, Sunday July 21, 2013]