Sabtu, 05 September 2015

Lebih Dulu Mana, Jepang, Gempa Besar di Kalifornia atau Penyesuaian Signifikan di Sesar New Madrid?


Mana yang akan lebih dulu terjadi, Gempa Besar di Kalifornia atau perobekan di sepanjang garis patahan New Madrid, yang membagi AS? [February 16, 2008]
ZetaTalk February 16, 2008: Akan ada banyak gempa yang cukup kecil sebelum terjadi penyesuaian besar sebagaimana yang pernah kami gambarkan, dimana jembatan-jembatan yang menyeberangi Sungai Mississippi akan patah dan daratan di barat Mississippi anjlok dalam ketinggiannya dari muka laut.
Bicara soal gempa-gempa besar dalam scope itu, nanti adalah Garis Patahan New Madrid yang akan membuat penyesuaian dahulu, lalu penyesuaian di Pantai Barat akan terjadi.
Tapi akan ada banyak gempa lebih kecil yang terjadi sebelumnya.
Anda telah menyebut-nyebut pergeseran secara diagonal dari Great Lakes hingga Teluk Meksiko. Bagaimana dengan Continental Divide yang membagi melewati New Mexico secara vertikal, dari utara ke selatan? Akankah robek dan membelah menjadi dua? Ada gunung-gunung besar di sana. [May 17, 2008] 
ZetaTalk May 17, 2008 : Setelah wilayah New Madrid membuat penyesuaian, lengkungan di benua Amerika Utara yang meliputi seluruh Pantai Barat, dari Alaska hingga ujung Meksiko akan dibiarkan rileks.
Ini akan menciptakan gerakan slip-slide di sepanjang Garis Patahan San Andreas. Hingga sejauh bahwa kekuatan-kekuatan ini akan membentuk gunung, mendorong Continental Divide ke timur, gangguan di sepanjang Continental Divide itu juga dapat terjadi.
Apakah sebuah meteor besar pernah jatuh dan membuat lubang di Semenanjung Yucatan 65 juta tahun yang lalu? Tolong beri tahu tentang  gempa-gempa Jepang setelah gempa New Madrid. Apakah akan segera ada erupsi-erupsi besar dan gempa-gempa besar? [June 28, 2008]
ZetaTalk June 28, 2008: "Mangkuk" dari teluk Meksiko tebentuk di masa silam oleh sebuah meteor, ya.
Jepang selama ini, dan akan, dirangsek oleh gempa-gempa secara teratur, hingga dan setelah Pergeseran Kutub. Ini akibat posisinya yang berada di sepanjang Cincin Api, dimana subduksi Lempeng Pasifik terjadi di bawah gunung-gunung di Jepang.
Tidak akan ada [aktifitas lempeng] yang melegakannya, dan Jepang kemungkinan sekali akan dihantam gempa-gempa yang luar biasa besarnya jauh sebelum benua Amerika Utara menderita sebuah gempa besar utama di sepanjang Garis Patahan New Madrid.
Ketika sesar New Madrid akhirnya robek sebelum pergesera kutub, seberapa merusaknya itu bagi orang-orang di wilayah Chicago?

ZetaTalk: Chicago sedang dalam posisi lemah untuk banyak alasan, yang sebagian pernah kami uraikan.
Chicago memiliki terowongan-terowongan di bawah kota melalui apa air Danau Michigan disalurkan ke kanal-kanal yang mengapungkan barge-barge ke Sungai Mississippi.
Bahkan meskipun kapal-kapal ini tidak lagi dipakai, terowogan-terowogan itu masih ada di sana, dan rapuh.
Ketika pergeseran kutub terjadi, dan hingga ke suatu tingkatan ketika gempa-gempa bumi berdampak ke wilayah itu, terowongan-terowongan itu akan robek dan menciptakan semburan melewati kota.
Tidak ada sesar-sesar yang akan membuat Chicago lebih rapuh dari pada kota-kota Great Lakes lainnya, tetapi kerusakan akibat air harus diantisipasi.
Baca juga:
Sekarang Tahap 7 Bumi Menuju Pergeseran Kutub