Sabtu, 27 Juli 2013

Tsunami Amerika 13 Juni 2013: Robeknya Lempeng Atlantik


Sebuah tsunami kuat yang dikatakan langka dan dinamai "meteotsunami" menerjang pantai New Jersey pada 13 Juni 2013 dengan ketinggian sekitar 6 kaki dan menyeret dua orang. Penjelasan resmi dari pihak berwenang adalah bahwa penyebabnya adalah sistem cuaca yang kuat yang telah mengakibatkan lompatan-lompatan dalam tekanan udara sedemikian rupa sehingga menghasilkan gelombang-gelombang laut seperti tsunami. Namun, menurut para alien Zeta, penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah perobekan lempeng Atlantik (pelebaran Lempeng Atlantik), yang ditandai oleh alarm buoy di Samudera Atlantik. Buoy yang memberikan alarm ini dilaporkan oleh NBC10 Philadelphia, "The tsunami was observed at over 30 tide gages and one DART buoy throughout the Northwestern Atlantic Ocean." 
Tsunami Strikes the Jersey Shore /nbcphiladelphia51: A large wave, approximately 6-feet from peak to trough, coming across the inlet. The wave was so powerful that it swept two people off a rock jetty and into the water on Long Beach Island. The tsunami was observed at over 30 tide gages and one DART buoy throughout the Northwestern Atlantic Ocean.  
Rare tsunami-type wave hit Jersey Shore /usatoday: It appears that a rare type of tsunami called a "meteotsunami" hit the New Jersey coast June 13, with Barnegat Light bearing the brunt of the wave. "There was a strong weather system that moved from across the eastern U.S. that day, then moved offshore New Jersey," said Paul Whitmore, director of the West Coast/Alaska Tsunami Warning Center in Palmer, Alaska. Strong weather systems can cause jumps in air pressure, spawning waves that act just like tsunamis, Whitmore said. "The impacts were greatest there in Barnegat Light," he said. An approximately 6-foot wave knocked three people off the inlet jetty, injuring at least two of them, according to a center report. "There's still a possibility that there may have been some other source involved," such as a subsea slump in the continental shelf off New Jersey, Whitmore said. The phenomenon remains under review. 


Penjelasan ZetaTalk [Terjemahan bebas dari ZetaTalk Chat Q&A for July 13, 2013]

"Jelaslah bahwa lempeng Atlantik sedang robek. Jika lempeng Pasifik memampat, sebagaimana yang hampir-hampir tak dapat dipungkiri ketika Pacific Rim menjadi begitu aktifnya, maka lempeng Atlantik pastilah melebar (robek, menganga--pen.). Perobekan semacam itu tidak terdeteksi di seismograf-seismograf, namun di daratan akan menghasilkan rongga-rongga, dan, ketika terjadi di bawah laut, tsunami dapat dihasilkan. 

Petunjuk bahwa peristiwa ini bukan akibat perubahan-perubahan atmosferik adalah data dari buoy di Samudera Atlantik. Tsunami tersebut juga melaju melawan gelombang pasang laut yang mengarah keluar, sedemikian kuatnya terjangan itu. Pulau Long Beach, titik dari dampak terbesarnya, dipengaruhi oleh robekan pada continental shelf-nya, yaitu river bed tua yang memotong jauh ke dalam shelf itu. 

Catat bahwa jalan masuk ke robekan itu terletak langsung di Timur Pulau Long Beach, dengan cara yang dapat menimbulkan kerugian. Episode ini akan terjadi berulang-ulang seiring dengan akselerasi pergerakan lempeng."

Sumber: ZetaTalk Chat Q&A for July 13, 2013]