Minggu, 16 Juni 2013

Status Lempeng Eurasia Per Mei 2013

Status Lempeng Eurasia per Mei 2013 mengetengahkan gempa besar di Rusia yang terjadi jauh di dalam perut bumi dan menjalar sangat jauh, yang juga membuat magma dalam perut bumi terkocok-kocok. Berikut laporannya.

Terjemahan bebas "Eurasian Plate Rattled", The ZetaTalk Newsletter #350, Sunday June 19, 2013

Pada 24 Mei 2013, sebuah gempa berkekuatan 8.2 SR terjadi di lepas pantai timur Russia di Laut Okhotsk. Gempa ini dirasakan hingga jauh di Finlandia dan Denmark. Gempa tersebut juga membuat magma terkocok-kocok, membuat seismograf-seismograf di seluruh dunia memberi rekaman "hitam".
Gempa 8,3 SR Guncang Rusia, 24 Mei 2013 /okezone: Gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah timur jauh Rusia. Guncangan gempa dilaporkan terasa hingga Jepang. Pusat gempa dilaporkan berada di sekitar 600 kilometer bawah laut di Laut Okhotsk. Sementara titik pusat berada di wilayah yang gerakan seismiknya yang aktif, Kuril-Kamchatka. Demikian diberitakan Reuters, Jumat (24/5/2013). Guncangan gempa bisa dirasakan selama sekira lima menit oleh warga di dekat wilayah Petropavlovsk-Kamchatsky, Semenanjung Kamchatka. Gempa juga dirasakan di Jepang karena Laut Okhotsk berada di sebelah utara Jepang. Belum ada laporan korban jiwa ataupun korban terluka usai gempa melanda. Sementara warga dilaporkan dievakuasi mulai dari wulayah Kamchatka hingga Moskos. Sementara guncangan hebat juga terasa di Siberia.
Russia Earthquake: Powerful Temblor Hits Off East Coast In Sea Of Okhotsk, May 24, 2013 /huffingtonpostA powerful earthquake hit Russia's Far East with tremors felt as far away as Moscow, about 7,000 kilometers (4,400 miles) west of the epicenter. The quake registered 8.0 on the Richter scale. The U.S. Geological Survey reported a magnitude of 8.2. The earthquake originated 600 kilometers (375 miles) under the sea bed and with the tremors so far down they have the potential to spread quite far. Tremors were felt in Moscow, prompting some people to evacuate from buildings across the city. Russian news agencies also cited eyewitnesses reporting strong tremors across Siberia.
Massive Earthquake in Russia’s Far East – Felt in Moscow and Parts of China, India and Japan, May 24, 2013 /earthquake-reportSeems that this quake was felt over the whole Eurasian plate. Russian media report that also some people in Romania felt it. We received reports from Finland and Denmark and a person from Italy.  Many parts of China were also affected by the quake. People from different provinces said they felt the quake, among them Heilongjiang, Gansu, Hubei, Chongqing, Jiangsu and Sichuan. No damage was reported from China. We also received reports of people in Alaska and Canada who might have felt this quake.


[GEMPA BUMI DALAM YANG MERAMBAT JAUH] 
Kekuatan gempa diukur tidak hanya oleh gayanya tapi juga jangkauannya. Semakin besar gayanya, semakin besar pula kekuatannya. Demikian pula, semakin jauh jarak yang terkena dampaknya, semakin besar pula kekuatan gempa itu. Hal ini dimodulasi oleh liquefaction serta kedalaman gempa, karena keduanya dapat mempengaruhi goncangan yang dapat dirasakan di tempat jauh.
  • Goncangan terlama dalam sejarah manusia terjadi saat sebuah gempa 1994 di Bolivia. Berkekuatan 8,2SR, gempa ini dirasakan di Seattle, yang berjarak  8.914 kilometers atau  5.539 mil, namun menjalar di sepanjang tepian Lempeng besar Amerika Selatan dan Lempeng besar Amerika Utara, di sepanjang perbatasan-perbatasan lempeng-lempeng itu. 
  • Gempa baru-baru ini di Laut Okhotsk, yang juga dinilai berkekuatan 8,2 SR, berjarak 6.785 kilometers (4.217 mil), jarak dari Vladivostok, Russia, ke Helsinki, Finlandia. Namun gempa ini menjalar melewati BAGIAN TENGAH Lempeng Eurasia.  


Normalnya, gempa-gempa long-distance merobek di sepanjang garis-garis patahan atau perbatasan-perbatasan lempeng. Gempa terlama semacam itu dalam ingatan manusia terjadi:
  • di Chili pada 1960 - berkekuatan 9,5SR yang merobek garis patahan di sana sepanjang 1.600 kilometers (1000 miles) 
  • di Sumatera, gempa tsunami 26 Des. 2004, yang merupakan robekan sepanjang 700 mil. Kekuatan gempa ini sempat diperdebatkan, namun akhirnya ditetapkan sebagai 9,2SR. Di sini, lagi-lagi, 700 mil adalah jarak robekan, dan di sepanjang perbatasan lempeng. 
Deep Quake Deepens Mystery /science-frontiersOn June 8, 1994, what may be the largest deep earthquake of the century -- magnitude 8.2 -- exploded 640 kilometers beneath Bolivia. The Bolivian quake also caused the whole earth to ring like a bell. Every 20 minutes or so, the entire planet expanded and contracted a minute but detectable amount. Another surprise: the Bolivian earthquake was felt a far away as Seattle -- the first time that a quake in that part of South America has been actually felt in North America. 
The Five Worst Killer Earthquakes in History /sciencerayThe disaster happened in the year 1920. According to Richter Magnitude Scale, the earthquake had a magnitude of 7.8, but then China claimed that it was 8.5. 
Separating Fact from Fiction /earthquakecountryThe magnitude of an earthquake is related to the length of the fault on which it occurs--the longer the fault, the larger the earthquake.  The largest earthquake ever recorded was a M(w) 9.5 on May 22, 1960 in Chile. This occurred on a fault that is almost 1,000 miles (1600 kilometers) long. The earthquake ruptured along the entire length of the fault. The largest earthquake in the United States occurred in Alaska on March 27th, 1964 and was a magnitude M(w) 9.2. This earthquake ruptured 620 miles (1,000 km) of the Alaska-Aleutian fault megathrust, which is 2240 miles (3600 km) long.

[PENYEBAB GEMPA MENJALAR JAUH]
Apa penyebab sebuah gempa dapat menjalar sejauh itu, ke seluruh Lempeng Eurasia selama gempa 8,2SR pada 24 Mei 2013 di Laut Okhotsk? Menurut para alien Zeta, hook (pengait) tanah di Lempeng Amerika Utara yang menjalar turun dari Alaska hingga menyentuh Jepang merupakan bebatuan yang sangat kokoh, dan tidak akan pecah atau robek. Maka, ketika pemlengkungan Benua Amerika Utara berlangsung, tekanan ini dialihkan ke seluruh Lempeng Eurasia! Para alien Zeta benar lagi!
Prediksi ZetaTalk 10 Feb. 2006: Lempeng-lempeng raksasa Amerika Utara dan Eurasia saling mengunci, tak mampu berputar terhadap satu sama lain oleh karena bentuknya. Gerakan lempeng slip-slide di sepanjang Pantai Barat, yang diukur sebagai rambatan oleh para geolog, adalah akibat dari penyesuaian-penyesuaian yang hanya sedikit saja di sepanjang tepian lempeng itu, yang utamanya akibat penyesuaian-penyesuaian di dalam lempeng-lempeng mikro di barat lempeng Amerika Utara, yang bergerak untuk mengakomodir tekanan. Lempeng Amerika Utara itu sendiri tidak bergerak, namun drama-drama lain terjadi. "Hook" dari tanah di benua Amerika Utara dekat semenanjung Kamchatka adalah bebatuan kokoh dan tidak akan patah menjadi lempeng yang terpisah, dan juga tidak akan melonggarkan deadlock yang ada di sepanjang lempeng-lempeng Amerika Utara dan Eurasia, bahkan jika ada pelonggaran. Lempeng-lempeng masif ini tidak dapat bergerak. Tekanan pada lempeng Amerika Utara akan diselesaikan dengan perobekan lempeng. 

[DIAWALI OLEH LEMPENG INDO-AUSTRALIA]
Sundulan gerakan dari Lempeng Eurasia, sebagaimana dapat diprediksi, diawali oleh pergerakan Lemepeng Indo-Australia, yang disebut "rem" oleh para alien Zeta. Ketika rem ini diangkat, maka lempeng-lempeng lainnya dapat bergerak secara domino. Jika gempa 8.2SR di Laut Okhotsk terjadi pada 24 Mei 2013, maka banjir rob di sepanjang Lempeng Indo-Australia di Bangladesh dan Indonesia yang terjadi pada 16-23 Mei 2013 disebabkan oleh pergerakan lempeng itu , sebagaimana yang dicatat dalam blog Pole Shift ning.
80 Villages of Cox’s Bazar Inundated by Sea Water, May 26, 2013 /dhakatribune:  30 villages of his upazilla went under 2-3 feet tidal water since [May 23]. Besides, another 30 villages of the Dhalghata union were also flooded by tidal water. Sufferings of the marooned people were increasing day by day. 
Banjir Rob Kembali Sapa Kawasan Pesisir , May 27, 2013 /surabayapostMEMANG tidak semua desa di pesisir pantai sepanjang sekitar 56 kilometer dari Tongas (ujung barat) hingga Paiton (ujung timur) di Kabupaten Probolinggo dilanda banjir rob. Di antara desa yang “langganan” banjir rob itu, Desa Randutatah di Kecamatan Paiton dan Desa Sebaung Kecamatan Gending. Kali ini banjir rob yang melanda Randutatah sejak akhir pekan lalu dinilai yang terparah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pemicunya, tanggul penahan di desa pesisir itu jebol dilamun banjir.
Prediksi ZetaTalk 9 Sept. 2010: Skenario-skenario Tahap 7 menggambarkan pergerakan-pergerakan lempeng, dan, agar pergerakan-pergerakan itu terjadi, harus ada sesuatu yang melepas deadlock-nya, yaitu kemampetan gerak akibat lempeng-lempeng yang saling mengunci. Begitu deadlock tersebut patah sehingga lempeng-lempeng mulai bergerak, saling bersinggungan melewati, titik-titik baru akan terbentuk dimana lempeng-lempeng saling mengunci, namun titik-titik tersebut akanlah lebih lemah ketimbang yang ada saat ini. Kuncian saat ini, sebagaimana yang telah sering kami nyatakan, adalah Lempeng Indo-Australia, yang tengah didorong ke bawah Peg. Himalaya. Ini bukan kuncian kecil, sebagaimana yang dapat ditunjukkan oleh ketinggian Peg. Himalaya.