Senin, 27 Juli 2015

Penggelinciran Lempeng Nan Hening, Tsunami Darat di Kemerovo, Rusia, Mei 2015



Terjemahan bebas Silent Slides, The ZetaTalk Newsletter Issue 451, Sunday May 24, 2015
Sebagai tambahan untuk penggulingan lempeng Amerika Selatan ke atas Lempeng Nazca, yang menyebabkan gunung berapi Calbuco di Chili meletus tanpa peringatan, pelengkungan Lempeng Amerika Utara sedang memaksa bagian selatan Meksiko ke atas Lempeng Cocos.
Ombak-ombak tinggi yang menggulung ke Acapulco dan di sepanjang pesisir pantainya hingga El Salvador dan Guatemala pada 2 Mei 2015 bukanlah akibat dari sebuah gempa, dengan demikian tidak dianggap sebagai tsunami.
Ini bukan efek dari sebuah badai, karena tidak ada badai dimanapun di wilayah itu. Cuacanya jernih.
Ombak-ombak itu adalah akibat dari wilayah selatan Meksio yang bergerak ke atas Lempeng Cocos, memaksa air laut terdistribusi ke seluruh arah. Bagi mereka yang berada di daratan ini, ini adalah penyesuaian senyap dan tak diduga-duga.

 

Three Dead, Hundreds Evacuated as Waves Hit Coastline from Mexico to Chile, May 3, 2015 http://sputniknews.com/latam/20150503/1021672190.html Big waves lashing the Pacific coast from Mexico to Chile left three people dead and one missing, forcing hundreds to evacuate from the coastline. One person drowned in Mexico, the other two were swept into the ocean in Panama and Chile.

Surge leaves Damaged Houses and a Tourist Killed in Guerrero, May 2, 2015, http://www.sinembargo.mx/02-05-2015/1332360 The waves left 115 homes damaged. Of affected households, 110 are in Playa Azul, municipality of Coyuca de Benitez and five on the Barra de Coyuca.
[Tsunami Darat]

Penggelinciran lempeng hening lainnya terjadi di zona-zona peregangan dimana tanahnya sedang ditarik memisah. Kalau ini dapat mengakibatkan rongga-rongga menganga, pemlintiran jalur-jalur rel kereta, pembentukan celah di kaki-kaki jembatan, dan perebakan sinkhole, maka ini juga dapat mengakibatkan sebuah tsunami darat.
Kejadian langka ini terekam video di wilayah Kemerovo di Rusia baru-baru ini pada 1 April 2015. Tsunami darat tampak seperti sebuah longsor tapi tanah di spot ini di Kemerovo datar saja. 

Apa penyebab tanah itu menjadi bergerak, menggelombang seperti sebuah ombak raksasa?
Para alien Zeta menjelaskan.  
ZetaTalk Explanation 4/25/2015: Telah kami gambarkan suatu jenis pergerakan tanah dimana sebuah lapisan tanah dan batuan teratas didorong ke atas lapisan yang melandasinya, sedemikian sehingga terjadi pengerut-ngerutan. Ini harus diantisipasi misalnya di sepanjang  Continental Divide Amerika Utara di  Colorado

Tapi wilayah Kemerovo adalah sebuah zona peregangan, bukan zona pembentukan gunung. Lalu mengapa episode pengusutan yang nyata ini terjadi di tanah yang pada dasarnya datar? 
Kemerovo berada di antara sebuah garis jajaran danau-danau, mulai dari Danau Baikal melewati Danau Teletskoye di Kemerove hingga Daneu Balkhash di Kazakhstan. 
Sebagaimana banyak bagian di Bumi, seperti misalnya Finger Lakes di New York State; ini mewakili wilayah-wilayah dimana sebuah penarikan yang memisahkan telah terjadi, yang sesuai untuk zona-zona peregangan di Lempeng Eurasia.
Zona-zona peregangan mengantisipasi pembentukan rongga-rongga/gua-gua(crevasses), amblong (sinkholes), dan terplintirnya rel-rel kereta serta jalanan. Zona-zona itu tidak mengantisipasi sebuah lapisan tanah yang sedang terdorong ke atas lapisan tanah lainnya.  Jawabannya terletak di arah peregangan,yang jarang rata dari sisi ke sisi.
Kemerovo terletak di perbatasan dimana daratan-daratan rendah sedang terangkat untuk membentuk pegunungan, dan dengan demikian tidak ada yang rata dalam hal lapisan-lapisan batuan dan tanah di bawah Kemerov. 
Apabila peregangan itu pada dasarnya dari sisi ke sisi tapi penarikannya untuk memisah menemui resistansi di strata batuan yang dalam, maka titik robeknya akan melompat ke atas atau ke bawah resistansi itu, dengan demikian mengalami sebuah tarikan diagonal.
Sebuah tarikan diagonal akan menghasilkan pelepasan ketegangan yang mendadak di tempat-tempat yang kurang resistansinya, yang dapat terlonjak saat robek. 
Episode yang terekam dalam video itu, yang sedang berproses di Komerovo bagian selatan, adalah contoh semacam itu, dimana sebuah pelepasan ketegangan yang tiba-tiba telah menyebabkan tanah di sekeliling resistansi itu doyong ke arah sini atau sana. 

Dapatkah episode-episode semacam itu diantisipasi? 
Orang awam tidak memiliki sumber-sumber daya untuk memetakan apa yang ada di bawahnya, namun orang dapat melihat dari gempa-gempa bumi minor yang menjalar melewati wilayah ini  sehingga tremor-tremor semacam itu adalah satu pertanda bahwa peregangannnya tidak akan lunak.