Selasa, 13 November 2012

Frankenstorm Sandy 2012 : Peringatan Wilayah Pantai dan Antisipasi Ke Depan

Peringatan Yang Lebih Keras
Pertama-tama harus dikatakan bahwa kedashyatan Badai Sandy, yang telah dijuluki sebgagai Frankenstorm, tidak akan ada apa-apanya dibandingkan dengan event Jam Pergeseran Kutub nanti atau bahkan sebelumnya, Minggu-Minggu Terakhir menuju Pergeseran Kutub atau bahkan sebelumnya, Tahap 8. Minggu-Minggu Terakhir adalah periode ketika bumi akan terhuyung-huyung parah dengan badai sedahsyat Sandy yang akan mengirim gelombang-gelombang laut pasang setinggi 60-90 meter serta diiringi gempa-gempa besar.

Badai Sandy sesungguhnya merupakan, katakanlah, peringatan dini yang keras dari alam pada tahap 7 sekarang ini tentang potensi-potensi di Tahap 8 menuju Pergeseran Kutub, utamanya bagi mereka yang tinggal di wilayah pesisir hingga sejauh ke dalam kota pesisir seperti, misalnya, New Jersey, New York, dimana badai Sandy menyerang.  Akankah Frankenstrom berlanjut? Menurut para ailen Zeta Pengabdi-Kebaikan, keterhuyungan bumi akan memarah sehingga tinggal di pesisir akan semakin berbahaya.  
Peringatan ZetaTalk: Wilayah-wilayah yang padat penduduk memiliki beberapa kekurangan selama masa krisis seperti yang akan dibawa oleh bencana-bencana alam dahsyat nanti. Seberapapun siapnya sebuah keluarga, mereka tidak akan pernah siap terhadap apa yang akan dibawa oleh tetangga mereka. Kota New York adalah salah satu wilayah padat penduduk. Dan merupakan kota pantai, kota itu mendapat serangan-serangan tambahan. Bagi banyak orang, di pulau-pulau di sepanjang pantai yang didukung oleh sebuah sistem jembatan-jembatan yang telah robek, mereka tidak akan tempat untuk melarikan diri. Gedung-gedung tinggi akan saling berbenturan selama apa yang dikatakan sebagai gempa-gempa yang seperti tak berakhir, yang hampir-hampir tak bisa mereka tahan. Kebakaran, lolongan orang-orang yang terluka dan putus asa membuat perjalanan melewati area bencana akan secara harafiah mengancam hidup. Mereka yang tinggal di Kota New York selama bencana-bencana alam dahsyat mendatang bisa jadi karena acuh tak acuh terhadap apa yang akan terjadi atau pemberani atau sedang menuruti keinginan untuk mati di sana! ZetaTalk Warning 2001: 
 Dampak Sandy di Kota Pantai New Jersey
 Credit: darkroom.baltimoresun.com (Sumber. kapanlagi)
Badai Sandy. "Badai berkekuatan mencapai 90 mph atau lebih 144 km/jam tersebut merupakan ‘badai bersejarah’ yang turut menyapu sejumlah kota besar seperti New Jersey dan New York. Badai itu menerjang pantai New Jersey Senin Malam sebagai badai tropis berkekuatan tinggi yang menyebabkan banjir , kebakaran dan pemadaman listrik besar-besaran yang melumpuhkan kawasan metropolitan New York." (VOA)
Badai itu yang melanda Pantai Timur berhari-hari sebelum mencapai daratan telah menewaskan sekurangnya 48 orang di Amerika, sementara jutaan warga di pantai timur AS harus hidup tanpa listrik. Walikota New York Michael Bloomberg mengatakan banyak terowongan kereta listrik bawah tanah di kota itu ditutup dan memperingatkan kota New York menghadapi tantangan pemulihan badai selama berhari-hari bahkan mungkin berminggu-minggu. Perdagangan di Bursa Saham New York hari Selasa dibatalkan untuk hari kedua berturut-turut, merupakan yang pertama kali sejak tahun 1888 perdagangan ditangguhkan selama dua hari berturut-turut karena cuaca. Di negara bagian New Jersey, kebocoran tanggul mungkin menyebabkan banjir di beberapa kota memaksa sekurangnya 800 orang dievakuasi. PLTN New Jersey juga mengumumkan peringatan setelah air naik ke tingkat ketinggian tertentu. Pejabat mengatakan tidak ada keprihatinan mengenai keamanan di PLTN itu yang ditutup untuk perbaikan. Dalam sebuah konferensi pers, Gubernur New Jersey Chris Christie mengatakan tempat-tempat liburan yang populer di negara bagiannya paling parah terkena dampak badai itu. (VOA)

ZetaTalk: Frankenstorm Sandy, Akibat Keterhuyungan Bumi, Peringatan Ibu Bumi
ZetaTalk menjelaskan bahwa badai Sandy terbentuk, pada dasarnya, akibat keterhuyungan bumi dengan pola yang masih sama, yaitu Angka 8.  
[Penyebab] Sebagaimana dengan badai Irene pada 2011, badai-badai yang menerjang ke Pantai Timur AS dipengaruhi oleh keterhuyungan bumi hingga titik dimana jalur belok mereka dapat diperhatikan. Atlantik bagian atas tidak lagi menerima area-area bertekanan rendah ini, yang lebih memilih bergerak ke daratan di AS dimana panas bumi telah menciptakan konveksi udara ke atas. Sementara, udara di Arctic, yang dingin dan dengan demikian zona-zona bertekanan tinggi, telah didorong turun dari Arctic turun ke Atlantik, yang sesekali memblokir jalur badai-badai itu. 
[Makna di Masa Mendatang] Apa maksudnya ini nanti di masa mendatang? Telah kami nyatakan bahwa keterhuyungan bumi akan memarah, sampai-sampai pada titik dimana musim-musim akan saling terbaur. Telah kami nyatakan bahwa banyak pesisir yang akhirnya tak dapat ditinggali, yang terbiasa hanya untuk menumbuhkan tanaman pangan saja, seiring dengan mendekatnya Minggu-Minggu Terakhir. Ombak yang memecah akibat keterhuyungan bumi selama Minggu-Minggu Terakhir tidak akan kecil, namun akan mengirim gelombang-gelombang laut pasang hingga 60-90 meter yang menerjang Kutub Utara/Selatan karena bola bumi terayun ke depan-belakang sebelum miring statis ke kiri. Mereka yang merasa ngeri melihat apa yang telah dilakukan Badai Sandy di AS sedang didorong, oleh Sang Ibu Bumi, untuk lebih awal meninggalkan kota-kota. Lalu mengapa masih berlama-lama? ZetaTalk Warning 10/30/2012 
Belum ada perubahan dalam pola keterhuyungan bumi, melainkan hanya semakin parah saja. Pola Angka 8 pada dasarnya masih sama. ZetaTalk Warning 2/4/2012
Credit: ZetaTalk
Penjelasan Tentang Keterhuyungan Bumi Sekarang Saat Badai Sandy 
"Ketika matahari berada tinggi di atas Itali, bumi miring sehingga udara di Atlantik utara memampat. Namun selama siang hari di AS--ketika matahari tinggi di atas Amerika Utara--Atlantik utara ditarik turun menjauh dari udara Arctic, sehingga melonggarkan pemampatan itu. Hal ini pernah dijelaskan sebagai tindakan memompa, atau sebuah jet stream vertikal." 

Badai Sandy Terkungkung 
"Lalu ketika matahari berada tepat di tengah di atas Pasifik, yang mendorong Kutub Utara bumi menjauh dari Planet X, udara akan kembali memampat di atas Atlantik Utara. Namun beberapa jam kemudian, ketika matahari di atas India, Atlantik Utara boleh kembali lega (dari pemampatannya). Sebagian efek ini memang cenderung "mengungkung (box in) badai Sandy."
Posisi Abnormal Bumi, Karena Terhuyung-Huyung

 Posisi-posisi bumi, saat terhuyung, ketika matahari berada langsung di Amerika Utara, India, New Zealand, dan Itali.

Posisi Normal Bumi Di Bulan Oktober
(Musim Gugur di Bumi Utara, dimulai pada 22/23 Sept.) 

ZetaTalk menyebut-nyebut "terkungkung" untuk menjelaskan pengungkungan (box in) yang disebut-sebut para meteorolog. Para meteorolog itu menyatakan bahwa badai Sandy "terkungkung" karena "pola-pola pemblokiran (blocking)" nyata-nyata telah muncul beberapa tahun terakhir ini. Menurut Nancy, inikah cara lain untuk menggambarkan keterhuyungan bumi?  
Frankenstorm 2012: Hurricane Sandy Hybrid Could Hit New York, New Jersey And Pennsylvania, October 26, 2012 http://www.huffingtonpost.com/2012/10/26/frankenstorm-2012-hurricane-sandy_n_2022333.htmWill a Hurricane Sandy, winter storm hybrid, dubbed a "Frankenstorm" by the National Oceanic and Atmospheric Administration, ravage the U.S. East Coast? Climate Central reported that the jet stream winds boxing in Sandy and creating a "Frankenstorm" are part of "blocking patterns [which] have appeared with greater frequency and intensity in recent years."  Worst Storm in 100 Years Seen Headed for Northeast U.S.October 26, 
Hurricane Sandy will probably grow into a “Frankenstorm” that may become the worst to hit the U.S. Northeast in 100 years if current forecasts are correct. Sandy may combine with a second storm coming out of the Midwest to create a system that would rival the New England hurricane of 1938 in intensity.  Computer models suggest the hurricane may transform into a hybrid system over the weekend because of another storm moving in from the Midwest. The 1938 hurricane killed more than 500 people after crossing Long Island and battering Connecticut and Rhode Island. 
http://www.businessweek.com/news/2012-10-25/u-dot-s-dot-east-from-washington-to-nyc

Terjadinya Frankenstorm Sandy
Julukan Frankestorm ini adalah untuk badai hibrida, yang meskipun hanya berkategori 1, badai itu telah diantisipasi untuk berbenturan dengan udara berbertekanan tinggi di banyak wilayah yang berada di jalurnya, yaitu angin dingin dari utara dan barat, area-area bertekanan tinggi. Maka, karena badai Sandy adalah badai tropis (terbentuk di Karibia), dengan demikian bertekanan rendah, badai ini otomatis dipaksa mencari jalan yang hambatannya paling kecil, yaitu ke pesisir. 
Badai Sandy akan menjelma menjadi Frankenstorm bila bergabung dengan badai musim dingin dari pantai barat Amerika menuju ke timur dan angin dingin dari Kanada. Bila gabungan tiga sistem itu terjadi, maka dampaknya akan luar biasa. Beberapa dampak antara lain hujan deras dan angin kencang. Salju yang terbentuk bisa mencapai ketebalan 60 cm. Sementara itu, Reuters pada Jumat (26/10/2012) memperkirakan bahwa kerugian kerusakan akibat badai ini bisa mencapai 5 milliar dollar AS. (sains.kompas)
Terbentuknya Badai. "Pembentukan badai itu tak lepas dari faktor-faktor yang menyebabkan pembentukan badai tropis, yakni suhu di dekat permukaan laut, kelembaban udara, dan pola angin Pembentukan badai tropis dimulai dari naiknya massa uap air membentuk awan akibat panas. Banyaknya uap air yang naik menciptakan wilayah bertekanan rendah. Akibatnya, uap air dari wilayah yang bertekanan lebih tinggi mengisi wilayah yang bertekanan rendah dan ikut menguap. Pada gilirannya, sebuah sistem badai yang terdiri atas awan dan angin yang terus mengembang dengan didayai panas di permukaan air laut akan terbentuk. Sistem itu akan berputar semakin cepat membentuk badai tropis dengan kecepatan 63-117 km per jam. (sains.kompas)
Pergerakan Badai Sandy 
"Model-model komputer telah memprediksi longsor, dan perintah-perintah evakuasi mandatory di wilayah-wilayah dataran rendah telah dikeluarkan oleh walikota New York. Meskipun badai berkategori 1, badai Sandy luar biasa besarnya, dan gempuran badai telah diantisipasi akan mengakibatkan banjir luar biasa. Pemikiran bahwa badai-badai akan mengarah ke daratan di sepanjang pesisir utara AS sesungguhnya jarang, namun sejarah menunjukkan bahwa Kota New York, kota terbesar di AS, dapat kebanjiran oleh badai-badai semacam itu, dengan banyak korban jiwa." 


Dampak Badai Sandy
"Dampaknya pada pesisir New Jersey seburuk yang telah diantisipasi: air laut menerjang jalan-jalan di Kota New York, merendam stasiun-stasiun bawah tanah, dan listrik kota dimatikan untuk mencegah kerusakan pada sistem. Meskipun hujan deras, tetap saja ada kebakaran yang tak terkendali." 
NYC Evacuations Begin Over Hurricane Sandy; Public Schools ClosedOctober 28, 201 http://www.huffingtonpost.com/2012/10/28/nyc-evacuationsNew York City announced the closings of its mass transit and school systems, both the nation's largest, and ordered residents to leave some low-lying areas Sunday ahead of the massive storm approaching the eastern third of the U.S. Hurricane Sandy was headed north from the Caribbean to meet both a snowstorm and a cold front, and experts said the rare hybrid storm that results will cause havoc over 800 miles from the East Coast to the Great Lakes. A storm surge of 6 to 11 feet was expected. Mayor Michael Bloomberg ordered an evacuation of the low-lying areas along the edges of the city, including parts of lower Manhattan like Battery Park City and some of the financial district, sections of Brooklyn and Staten Island and the Rockaways in Queens.
The impact on the New Jersey coastline was as bad as expected, water washing up the streets of New York City, into the subways, and the power shut down in the city to prevent damage to the system. Despite the torrential rain, fires broke out and were out of control.

Mammoth Storm Sandy Plunges NYC into Darkness, October 30, 2012
http://hosted.ap.org/dynamic/stories/U/US_SUPERSTORM_NYC
The city had shut its mass transit system, schools, the stock exchange and Broadway and ordered hundreds of thousands of New Yorkers to leave home. Utilities deliberately darkened part of downtown Manhattan to avoid storm damage.
 
At Least 50 Flooded Houses Destroyed by NYC Fire, October 30, 2012
http://news.yahoo.com/least-50-flooded-houses-destroyed-nyc-fire-085028999.html
A huge fire has destroyed at least 50 homes in a flooded neighborhood in the New York City borough of Queens. Video footage of the scene shows a hellish swath of tightly packed homes fully engulfed in orange flames as firefighters hauled hoses while sloshing in ankle-high water. 
Dengan demikian peringatan-peringatan ZetaTalk yang seperti tak ada habisnya sejak dahulu untuk bersiap-siap menghadapi bencana dahsyat bukanlah peringatan yang dapat diremehkan--untuk kebaikan umat manusia sendiri.

Sumber:
"The ZetaTalk Newsletter #319,  11 Nov. 2012"
sains.kompas