Kamis, 13 Maret 2014

Pockmark di Chatham Rise

Sumber: ZetaTalk Chat Q&A for April 6, 2013

Pada 2013, di dasar laut Chatham Rise, 500 km di timur Christchurch (New Zealand), ilmuwan menemukan sejumlah rongga yang disebut pockmark. Pockmark adalah struktur-struktur yang berbentuk seperti kawah di dasar laut yang disebabkan oleh erupsi cairan-cairan dan gas-gas dari sedimen-sedimen di lautan. Pockmark-pockmark yang baru ditemukan itu mungkin adalah yang terbesar yang pernah ada.


Ilmuwan meyakini bahwa pockmark-pockmark tersebut adalah sisa-sisa di jaman kuno, dengan erupsinya mungkin terjadi secara tiba-tiba, ganas dan dalam volume masif yang dilepas hingga ke atmosfer selama beberapa jam atau beberapa hari.
Scientists find Mysterious Giant Pockmarks on Chatham Rise, Apr 08, 2013: New Zealand, German and American scientists have found what may be the world’s biggest pockmarks on the seafloor of the Chatham Rise, about 500km east of Christchurch. Pockmarks are crater-like structures on the seafloor caused by fluids and gases erupting through sediments into the ocean. Scientists believe they are the ancient remnants of vigorous degassing from under the seafloor into the ocean. Gas release from the larger pockmarks may have been sudden and possibly even violent, with a massive volume being expelled into the ocean and atmosphere within hours or days.
http://phys.org/news/2013-04-scientists-mysterious-giant-pockmarks-chatham.html
Kalau pockmark yang lebih besar tampak sudah mati, yang lebih kecil di perairan yang lebih dangkal sepertinya aktif secara sporadis.
Massive eruption born craters found, 2/4/2014: Auckland University gas hydrate scientist Ingo Pecher said there was no sign of active gas systems in the larger pockmarks, but the smaller ones in shallower water appeared to have been sporadically active. http://www.stuff.co.nz/science/8498798/Massive-eruption-born-craters-found  
Apa sesungguhnya pockmark-pockmark tersebut, dan apa signifikansinya dalam penjungkitan Lempeng Indo-Australia selama Tahap 7? Berikut penjelasan para alien Zeta.

Penjelasan ZetaTalk, terjemahan bebas ZetaTalk Chat Q&A for April 6, 2013:

Selama setiap Pergeseran Kutub, lempeng-lempeng Bumi mengikuti alur Skenario Drama, sebagaimana yang telah kami gambarkan.
Lempeng Indo-Australia terjungkit, menganjlokkan Lempeng India ke bawah Peg. Himalaya, dengan ujung New Zealand terangkat beberapa ratus kaki. 
Itulah polanya selama beribu-ribu tahun ini, yang dapat ditelusuri kembali ketika Pangaea terpecah-pecah, dan India sebagai sebuah benua bergeser ke lokasinya yang sekarang. [Lihat:Peta-Peta Bumi Berubah Dari Jaman ke Jaman Akibat Pergeseran Kutub: Video]
Apa yang terjadi ketika sebuah lempeng terangkat, menciptakan sebuah ruang kosong (void) di bawahnya?
Pengangkatan semacam itu jarang terjadi secara mulus, melainkan menghasilkan pengangkatan dan penjatuhan, bebatuan lempeng terangkat, lalu terbanting kembali ke bawah, dan, dalam proses ini, udara dapat terperangkap di bawah permukaan yang tidak rata di sisi bawah lempeng. Ketika lempeng tersebut kembali menstabilkan diri, beban lempeng berangsur-angsur menggencet udara yang terperangkap semacam itu melalui jalan apapun yang disediakan oleh lonjakan-lonjakan gempa-gempa susulan.
credit: wikipedia